Aplikasi

Aplikasi Absensi Online Gratis dan Terbaik Bagi Karyawan

Perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat, membuat dunia semakin cepat bertransisi ke arah digital. Perkembangan teknologi terlihat pada berbagai perusahaan yang memanfaatkan teknologi bagi kemudahan kegiatan bisnisnya. Salah satu hal penting untuk membantu meringankan beban perusahaan adalah penggunaan alat manajemen pekerja yakni aplikasi absensi online.

Hadirnya aplikasi ini, sangat mempermudah pekerjaan tim HR (Human Resources) untuk mendata karyawan secara otomatis. Dengan aplikasi absensi ini karyawan dapat melakukan absensi, izin sakit dan cuti tanpa harus mempersulit pihak manajemen. Lalu apa itu aplikasi absensi online ? Apakah aplikasi absensi online memiliki kelebihan dan kekurangan ? dan apa saja rekomendasi aplikasi yang memiliki kinerja terbaik.

10 Aplikasi Absensi Online Gratis dan Terbaik

Aplikasi Absensi Online

Setelah mengetahui perbedaan antara aplikasi absensi online dengan absensi secara manual serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Mungkin saat ini kamu sudah mulai memikirkan penggunaan sistem aplikasi absensi online untuk mengukur kehadiran karyawan lebih efektif dan efisien.

Jika memang iya, berikut 10 rekomendasi aplikasi absensi online terbaik dan gratis yang cocok anda gunakan untuk keperluan pendataan absensi kehadiran karyawan secara terintegrasi.

1. GreatDay HR

GreatDay HR

Aplikasi pertama yakni GreatDay HR. Fitur tersedia oleh aplikasi ini terbilang komprehensif dan mudah. Salah satu fitur unggulannya yakni fitur face recognition yang mana setiap karyawan akan melakukan selfie dan fitur ini akan secara otomatis melakukan perbandingan wajah dengan data yang telah tersimpan sebelumnya dan disertai dengan presentase kecocokan.

Fitur lainnya GreatDay HR tawarkan oleh aplikasi satu ini yakni fitur Geo tagging, dimana setiap karyawan akan menyertakan lokasinya secara terkini. Hal ini akan sangat membantu tim HR untuk memantau karyawannya agar bekerja pada waktu dan tempat yang seharusnya.

2. Time Clock Homebase

Time Clock Homebase

Aplikasi Time Clock Homebase satu ini dapat anda unduh secara gratis dan digunakan pada gawan setiap karyawan, sehingga dapat dengan mudah bagi karyawan melakukan absensi kehadiran di mana saja dan kapan saja. Time Clock Homebase menawarkan fitur kontrol absensi, fitur penjadwalan rekrutmen dan melacak pelamar kerja.

3. WiFi Attendance

WiFi Attendance

Aplikasi absensi online android Wifi Attendance memberikan layanan fitur timesheet, timetracking, hingga melacak keberadaan karyawan menggunakan fasilitas GPS (Global Positioning System). Sesuai dengan namanya, aplikasi Wifi Attendance harus terhubung internet nirkabel untuk mengelola absensi kehadiran karyawannya.

Baca Juga:  Aplikasi CCTV Android Terbaik dan Tercanggih 2022

4. Clockify

Clockify

Clockify menonjolkan tampilan menu secara sederhana namun dapat membantu manajemen absensi kehadiran karyawan yang tak terbatas. Fitur lain yang menjadi andalan aplikasi ini yakni fitur time tracker untuk memudahkan manajemen waktu yang kemudian terekam pada timesheet agar karyawan dengan mudah memantau produktivitas kerjanya.

5. CKZ Time Clock

CKZ Time Clock

Aplikasi absensi CKS Time Clock merupakan alat pelacak waktu atau time tracker yang dapat memanfaatkan untuk merekam absensi kehadiran setiap karyawan. Fitur perekam absensi kehadiran karyawan, payroll, serta pemantauan secara real-time. Dengan keberagaman fitur yang disediakan secara gratis, aplikasi absensi online satu ini perlu untuk anda coba.

6. Jojonomic

Jojonomic

Aplikasi Jojonomic satu ini hadir berdasarkan tujuan OOS (Officeless Operating System) untuk mempermudah manajemen perusahaan. Beberapa fitur yang dihadirkan seperti payroll untuk sistem gaji, time tracking untuk mencatat absensi online, serta fitur-fitur lain untuk melacak produktivitas kerja karyawan.

Aplikasi absensi Jojonomic ini juga sudah terdownload lebih dari 10.000 kali pada google play store dengan rating sebesar 4.6, tentunya aplikasi ini patut untuk anda coba.

7. Hadirr

Hadirr

Aplikasi Hadirr yang baru diluncurkan pada tahun 2017 ini memberikan layanan fitur absensi berdasarkan lokasi karyawan (GPS) dan fitur pengenalan wajah (face regocnition). Dengan aplikasi ini, HR dapat dengan mudah mengatur waktu check in karyawan sesuai kebutuhan. Selain itu, fitur face recognition dilengkapi dengan authentification yang akan dapa meminimalisir manipulasi data kehadiran karyawan.

8. AbsenKu

AbsenKu

Aplikasi AbsenKu merupakan platform absensi online yang juga mengandalkan GPS untuk merekam jejak kehadiran karyawan. Fitur aplikasi Absenku dapat mempermudah perusahaan dan tim HR dalam memantau produktivitas karyawan, pemberian slip gaji, serta memantau absensi kehadiran karyawan.

Aplikasi absensi online ini memiliki lebih dari 10.000 download pada google play store dan cocok anda gunakan untuk karyawan serta perusahaan.

9. Talenta

Talenta

Aplikasi satu ini hampir sama dengan aplikasi absensi online lainnya, seperti memberikan fitur layanan absensi kehadiran menggunakan GPS agar mengetahui absensi kehadiran tiap karyawan secara real time, manajemen gaji berdasarkan payroll, manajemen penyimpanan data perusahaan menggunakan cloud-based yang menjadi andalan dari aplikasi ini.

Fitur live chat juga tersedia bagi pengguna aplikasi ini jika mengalami kendala atau keterhambatan dalam penggunaan aplikasi. Pada google play store, aplikasi Talenta sudah mencapai lebih dari 60.000 download dengan rating 4.0 dari 4.600 pengguna aplikasi Talenta.

10. LinovHR

LinovHR

Aplikasi LinovHR merupakan aplikasi awan yang dapat mengelola data absensi kehadiran karyawan dan sistem penggajian otomatis. Absensi online satu ini, terrancang agar mampu melacak keberadaan karyawan saat melakukan pekerjaan atau rapat kerja.

Baca Juga:  Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android 2022

LinovHR ini juga sangat menguntungkan HR dengan fitur yang tersedia yakni HRIS (Human Resources Information System) yang efisien dan efektif, sehingga visi perusahaan dengan cepat tercapai.

Perbedaan Aplikasi Absensi Online dan Absensi Manual

Aplikasi absensi online merupakan sistem yang terangkai guna mendata kehadiran karyawan melalui komputer atau gawan yang terkoneksi internet. Cara kerja aplikasi absensi ini umumnya, karyawan akan melakukan aktivitas log-in akun dengan menyertakan username dan password yang telah terdaftar pada aplikasi yang anda gunakan. Lalu, apa perbedaan antara aplikasi absensi online dengan absensi secara manual ? letak perbedaan paling menonjol yakni absensi manual membutuhkan beberapa alat seperti alat tulis (kertas dan ballpaint), sedangkan aplikasi absensi online dapat anda lakukan melalui komputer atau gawan.

Kelebihan Absensi Manual

Setelah mengetahui perbedaan mengenai aplikasi absensi online dengan absensi manual, berikut ini merupakan kelebihan dari absensi manual yang dapat kami sajikan :

Pengeluaran ekonomis

Absensi manual cukup menggunakan alat tulis berupa kertas dan bollpoint pada umumnya, tidak perlu menggunakan alat khusus atau membeli software. Sehingga perusahaan lebih cermat dalam mengelola keuangan.

Mudah untuk digunakan

Penggunaan alat tulis tentu sangat mudah untuk anda gunakan, karena sangat sederhana dan mudah untuk mendapatkannya.

Tidak terganggu dengan tidak ketersediaan listrik dan internet

Sistem absensi manual hanya cukup menggunakan alat tulis sederhana, ada tidaknya ketersediaan listrik dan internet tidak akan mempengaruhi kinerja absensi manual.

Kekurangan Absensi Manual

Absensi manual memang memiliki beberapa kelebihan, namun juga memiliki beberapa kekurangan. berikut kekurangan dari absensi manual yang dapat kami sajikan :

Keterhambatan produktivitas karyawan

HRD perusahaan akan sulit membedakan antara hak dan metode penggajian terhadap jenis pekerjaan yang dapat anda temui. Hal ini karena kurangnya rincian data karyawan yang diketahui HRD dengan sistem absensi manual.

Manajemen sumber daya manusia semakin rumit

Salah satu acuan dalam menentukan jumlah upah setiap karyawan adalah terlihat dari absensi kehadiran setiap karyawannya. Dengan kurangnya pengetahuan data karyawan secara rinci pada setiap karyawan, HRD akan kesulitan untuk menentukan hak tiap karyawan.

Penyelewengan dan manipulasi jam kerja

Tiap kali kita sering menemui beberapa karyawan melakukan penyelewengan dan manipulasi pada jam kerja mereka, dengan tetap mengisi absensi kehadiran meskipun tidak benar-benar hadir pada jam kerja. Hal ini akan berdampak pada kualitas output perusahaan karena memiliki sumber daya yang tidak sadar integritas.

Cakupan yang kurang luas

Menggunakan absensi manual sangat mudah untuk digunakan. Namun, jika suatu perusahaan memiliki jumlah karyawan yang besar akan sangat kesulitan untuk mendata absensi karyawan secara keseluruhan.

Kelebihan Aplikasi Absensi Online

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan absensi secara manual, aplikasi absensi online juga memiliki kelebihan sebagai berikut:

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video PowerDirector Pro Mod Tanpa WaterMark

Ekonomis dan ramah lingkungan

Seperti penjelasan sebelumnya mengenai kelebihan absensi manual bahwa penggunaannya hanya perlu alat tulis sederhana saja. Namun, tentu perusahaan akan terus-menerus mengeluarkan biaya untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Terlebih, penggunaan kertas berlebih juga kurang ramah lingkungan.

Maka dari itu, aplikasi online lebih efisien penggunaannya, karena perusahaan hanya perlu membeli software atau aplikasi yang bisa anda gunakan. Serta, penggunaannya yang berbasis komputer atau gawan lebih ramah lingkungan.

Meminimalisir penipuan

Dengan menggunakan aplikasi online, setiap karyawan akan memiliki data kredensial yang akan memungkinkan kita untuk mengetahui jejak aktivitasnya semasa bekerja. Seperti ketidakhadiran, keterlambatan, dan absensi lainnya yang tentu tidak dapat dimanipulasi. Selain itu, aplikasi online biasanya menuntut karyawan untuk memberikan foto kehadiran secara real time yang tidak dapat mengecoh data absensi karyawan.

Kebutuhan HR yang terintegrasi

HR atau akronim dari Human Resources merupakan divisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab berkaitan dengan ketenagakerjaan. Salah satu tugasnya yakni pendataan absensi karyawan.

Bayangkan, jika terdapat karyawan dalam suatu perusahaan akan sangat memusingkan bagi tim HR untuk melakukan pendataan. Terlebih, sering kali ditemui absensi karyawan yang memiliki kesalahan penulisan sehingga akan sangat sulit untuk menentukan hak dan kewajiban yang akan diberikan terhadap karyawan.

Dengan aplikasi absensi online, kesalahan tersebut dapat terminimalisir. Terlebih data dalam aplikasi online dapat berpengaruh pada data karyawan lainnya secara otomatis. Seperti pemberian tunjangan dan penghargaan terhadap masing-masing pegawai akan berbeda sesuai dengan hasil kinerjanya.

Kekurangan Aplikasi Absensi Online

setelah mengetahui kelebihan dari penggunaan aplikasi absensi online, berikut merupakan kekurangan dari aplikasi absensi online yang dapat kami sajikan:

Kualitas perangkat yang kurang memadai

Merekam absensi secara online tentunya membutuhkan suatu perangkat kualitas yang baik. Hal ini akan berdampak pada proses identifikasi karyawan saat melakukan absensi. Seperti merekam foto real time akan mengalami kendala jika perangkat yang anda gunakan kurang memadai.

Membutuhkan koneksi listrik dan internet

Aplikasi absensi online membutuhkan koneksi listrik dan internet untuk dijalankan. Jika, listrik dan internet tidak dapat terkoneksi maka aktivitas absensi kehadiran setiap karyawan akan terhambat.

Nah itu dia, informasi aplikasi absensi online terbaik dan gratis bagi karyawan di tahun 2022. Untuk kamu yang sedang bekerja di suatu perusahaan atau instansi sekolah, beberapa rekomendasi aplikasi di atas bisa kamu ajukan ke atasan kamu untuk membantu proses manajemen kerja organisasi jadi lebih terintegrasi, terorganisir, efektif, dan efisien.