Aplikasi

Aplikasi Adzan Otomatis untuk Pengguna Android Terjamin Akurat

Dalam islam, seorang muslim pasti mengenal rukun islam. Rukun islam merupakan lima tindakan yang harus terlaksana agar menjadi seorang muslim yang sempurna. Dari kelima rukun islam, menjalankan ibadah sholat sebagai rukun islam yang kedua sering mengalami beberapa kendala. Sholat yang terdiri dari lima waktu dalam satu harinya, memiliki waktu yang berubah tiap waktunya. Terlebih kita seringkali terlena dengan padatnya rutinitas dan pekerjaan sehari-hari sehingga melupakan atau melewatkan waktu sholat. Sedangkan sebagai seorang muslim, sudah menjadi sebuah keharusan untuk menjalankan ibadah sholat tepat pada waktunya agar menjadi muslim yang taat. Dari hal tersebut, maka sangat penting adanya alat untuk mengingatkan waktu sholat secara tepat waktu. Salah satu alat pengingat waktu sholat adalah Aplikasi Adzan Otomatis

Untungnya, saat ini kita hidup di era pertumbuhan teknologi yang sangat amat pesat. Perkembangan tersebut juga berkembang dengan memberikan dampak sangat positif bagi kehidupan masyarakat saat ini. Terlebih dampak positif tersebut juga dapat umat muslim rasakan, yakni dengan munculnya berbagai macam aplikasi adzan yang dapat bekerja layaknya alarm untuk mengingatkan kita pada waktu sholat secara tepat waktu.

Beberapa aplikasi adzan otomatis saat ini juga tidak hanya bekerja layaknya alarm pengingat sholat saja, namun juga sudah dilengkapi berbagai macam fitur lainnya yang dapat menyempurnakan ibadah anda lainnya. Fitur-fitur yang biasa tersedia yakni, aplikasi adzan otomatis biasanya dilengkapi dengan al-quran digital dan audio qiro’atul qur’an.

setelah mengetahui kegunaan aplikasi adzan otomatis di dalam rutinitas dan kesibukan anda sehari-hari, berikut kami akan memberikan daftar rekomendasi aplikasi adzan otomatis yang dapat anda unduh di handphone jenis android pada menu play store. Aplikasi yang akan kami paparkan di bawah ini terjamin akurat memberikan anda alarm pengingat waktu sholat sesuai dengan waktunya. Berikut kami sajikan 10 aplikasi adzan otomatis untuk pengguna android terjamin akurat:

6 Aplikasi Adzan Otomatis untuk Pengguna Android Terjamin Akurat

1. Umma: Quran Majeed Prayer Time

Aplikasi adzan otomatis ini, menjadi aplikasi terpopuler di komunitas muslim di Indonesia. Hal menarik dari aplikasi ini yakni: pertama, waktu pengingat adzan sesuai dengan lokasi anda saat ini, jadi dimanapun anda berada tidak perlu khawatir mengenai perbedaan waktu adzan pada tiap daerah karena aplikasi adzan otomatis ini memanfaatkan GPS. Kedua, terdapat fitur kelas mengaji yang akan memberikan pengetahuan mengenai islam dan Al-Quran. Ketiga, aplikasi adzan otomatis ini lengkap dengan Al-Qur’an beserta terjemahannya sehingga memudahkan anda memahami makna dari Al-Qur’an itu sendiri. Keempat, aplikasi ini lengkap dengan kalender islam dan konten menarik untuk muslim pengguna aplikasi adzan otomatis ini.

Baca Juga:  Aplikasi Baca Novel Dapat Uang Terbukti dan Terpercaya 2022

fitur yang paling menarik dari aplikasi adzan otomatis lain menurut penulis adalah adanya fitur Uvoice, fitur ini tersedia sebagai wadah bagi kreator muslim untuk berdakwah dengan konten menariknya dan dapat mengumpulkan para pengikut anda sebagai kreator yang fungsinya hampir sama dengan kanal media sosial lainnya.

Aplikasi adzan otomatis Umma saat ini telah terunduh oleh 10 juta pengguna dari seluruh dunia dengan rating 4.7 dari 164 ribur reviewers. Aplikasi ini juga tidak terlalu berat jika dipasang pada gawan anda, arena hanya berbobot sebesar 42 MB (Mega Byte).

2. Muslim Pro: Quran Athan Prayer

Sebanyak 110 juta kalangan muslim dari seluruh belahan dunia mengunduh dan menginstal aplikasi ini. Hal ini dikarenakan aplikasi adzan otomatis ini memberikan pengingat waktu sholat secara tepat waktu atau akurat. Pengingat adzan pada aplikasi ini juga lengkap dengan audio adzan yang dapat anda pilih sendiri suara muadzin favorit anda. Aplikasi Muslim Pro ini juga sama halnya dengan aplikasi lain yang terdapat Al-Quran digital yang tertulis dengan bacaan arab beserta terjemahannya. Fitur Al-Quran juga satu paket dengan audio qiroatul yang membantu anda untuk melafalkan bacaan Al-Quran.

Menurut penulis, terdapat alasan bagi anda untuk mencoba aplikasi adzan otomatis saatu ini yakni: pertama, aplikasi Muslim Pro dapat memberikan anda pengarahaan mengenai letak keberadaan Qiblat sehingga anda tidak perlu khawatir jika berada pada tempat asing yang belum pernah anda kunjungi. Kedua, aplikasi adzan otomatis ini juga juga dengan kalender islam hijriyah. Dan yang terakhir yakni, aplikasi ini juga dapat memberikan anda informasi mengenai lokasi restoran dan masjid tempat untuk beribadah jika anda sedang berpergian ke tempat asing atau ke negara lain dengan minoritas umat muslim di dalamnya.

Aplikasi adzan otomatis Muslim Pro memiliki bobot aplikasi jauh lebih ringan yakni sebesar 29 MB (Mega Byte). sebanyak 100 juta pengguna dari seluurh dunia sudah menggunakan aplikasi ini Tak heran jika, aplikasi Muslim Pro mendapatkan rating sebanyak 5 bintang dengan urutan ketiga pada kategori aplikasi untuk pemenuhan gaya hidup di play store. Namun, kekurangan pada aplikasi ini yakni tidak semua fitur yang anda inginkan tersedia secara gratis atau terdapat fitur yang berbayar jika anda ingin mendapatkannya sebesar 7 ribu rupiah hingga 1,7 juta rupiah.

3. Muslim Pocket: Prayer Times, Azan, Quran and Qibla

Aplikasi adzan otomatis Muslim Pocket satu ini dirancang agar mudah digunakan oleh anda untuk memenuhi kebutuhan serta kewajiban sebagai seorang muslim. Pengingat adzan dalam aplikasi ini lengkap dengan audio dan visual sebagai penanda dan pengingat waktu sholat. Selain memberikan anda pengingat waktu sholat, aplikasi ini juga lengkap dengan Al-Qur’an digital dengan tulisan arabik beserta terjemahan  11 bahasa salah satunya bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga memberikan anda petunjuk arah Kiblat secara akurat dengan memanfaatkan GPS dalam bentuk animasi kompas untuk mengarahkan anda pada arah mekkah.

Baca Juga:  Aplikasi YoWhatsApp Mod APK Terbaru 2022

Fitur lain yang tersedia guna memaksimalkan ibadah anda, aplikasi ini juga dapat membantu untuk menghitung jumlah dzikir atau tasbih, bacaan tajwid pada Al-Quran yang telah diwarnai agar meningkatkan kemampuan membaca bacaan Al-Qur’an selain itu terdapat pula kalender hijriyah seperti waktu idul fitri dan idul adha, dan juga peta untuk menemukan tempat menjual makanan halal beserta masjid tempat untuk melaksanakan ibadah. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan pengingat untuk imsak dan berbuka puasa di waktu ramadhan.

sebanyak . Bagi anda yang tidak ingin memenuhi ruang penyimpanan aplikasi ini terbilang cocok bagi anda karena aplikasi ini relatif ringan, yakni hanya memiliki ukuran sebesar 25 MB (Mega Byte). Selain itu, rating aplikasi ini pada google play juga relatif tinggi yakni sebesar 4.8 bintang.

4. Athan Pro – Prayer Times Azan

Terkenal sebagai aplikasi mobile terbaik untuk pengingat adzan atau waktu sholat, ajutaan muslim Indonesia telah mengunduh aplikasi ini. Athan Pro memberikan fasilitas pengingat waktu ibadah paling akurat, lengkap dengan bacaan AL-Qur’an digital, penghitung jumlah ucapan tasbih, kalender islam, dan penentu arah kiblat. Fitur yang menonjol dari aplikasi ini yakni: pertama, tampilan dari dasbor menarik. kedua, audio dan visual pengingat adzan yang bisa anda pilih sesuai dengan suara muadzin favorit anda. Ketiga, anda juga akan mendapatkan pengingat berupa hadits setiap harinya yang dapat menuntun anda untuk senantiasa berbuat kebaikan melalui fitur ‘Hadith of The Day’ . keempat, fitur ‘Daily Haramain’ yang hadir untuk anda dengarkan mengenai doa atau pengajian terakhir dari Mekkah dan Madinah.

Aplikasi adzan otomatis yang telah terunduh oleh 1 juta pengguna umat muslim dengan rating 4.2 bin
tang ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 40 MB (Mega Byte) yang juga dapat tersambung dengan perangkat IOS anda seperti smart-watch. Kekurangan dari aplikasi ini yakni terdapat tagihan bayaran jika anda menginginkan fitur premium lainnya.

5. QalbyApp

Aplikasi adzan otomatis ini merupakan aplikasi yang harus anda coba karena memiliki berbagai fitur islam secara esensial. Tak hanya berfungsi menjadi pengingat waktu sholat, aplikasi ini juga memuat berbagai macam konten berdasarkan pembelajaran Al-Quran dan Sunnah. Anda juga akan mendapatkan inspirasi harian dan mengikuti pengajian terakhir yang telah tersedia. Anda juga dapat melakukan journaling pada keseharian anda melalui fitur ‘e-journaling’. Aplikasi ini juga dapat berfungsi layaknya sosial media, anda dapat terhubung dengan rekan muslim lain sekitar anda.

Baca Juga:  Aplikasi Email: Sejarah dan Cara Kerjanya

Aplikasi QalbyApp terbilang aplikasi yang baru saja rilis, tepatnya pada tahun 2021 yang lalu. Dengan rating sebesar 4.6 bintang dari ratusan review dari pengguna aplikasi ini, sudah selayaknya anda juga ikut mencoba untuk menggunakan aplikasi adzan otomatis satu ini. Meski memiliki fitur aplikasi yang lengkap, aplikasi QalbyAPP memiliki ukuran yang terbilang cukup besar. Ukuran aplikasi ini sebesar 50 MB (Mega Byte) sehingga tidak cocok untuk dipasang pada gawan yang memiliki kapasitas memori penyimpanan kecil. Karena selain memenuhi ruang penyimpanan tentunya juga akan berdampak pada kinerja bawaan anda.

6. Aminin – Aplikasi Muslim

Aplikasi terakhir yang kami tawarkan yakni, aplikasi adzan otomatis karya anak bangsa yaitu Aminin – Aplikasi Muslim. Fitur utama aplikasi ini, adanya layanan alarm pengingat waktu sholat yang sesuai dengan lokasi pengguna dengan memanfaatkan fitur GPS. Selain itu, terdapat petunjuk arah kiblat yang akurat sesuai dengan lokasi anda berada. Sehingga sebagai pengguna aplikasi ini anda harus mengaktifkan data lokasi anda sehingga aplikasi ini dapat mendeteksi lokasi keberadaan anda. Tentunya, fitur tambahan yang tersedia seperti AL-Qur’an digital serta audio visual untuk membantu anda membaca. Lalu, fitur do’a sehari-hari yang bisa anda akses sesuai kebutuhan.

Terdapat fitur yang sangat penulis sukai sehingga ini aplikasi adzan otomatis ini dapat menemani aktivitas ibadah anda. Aplikasi Aminin memberikan anda wadah untuk berdiskusi dengan ustaz yang sudah memiliki pengalaman sesuai bidangnya. Caranya dengan memilih fitur ‘Ruang Ngaji’. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih dan memesan ustaz sesuai waktu dan kebutuhan untuk berdiskusi dan tentunya terdapat puluhan video islami dari sumber terpercaya yang dapat anda tonton.

Aplikasi ini juga masih terbilang baru, dengan tahun rilis pada 2020 lalu. Meskipun itu, aplikasi adzan otomatis ini telah terunduh oleh 10 ribu pengguna dengan rating 4.5 bintang. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memakan begitu banyak ruang penyimpanan yang hanya memakan ruang sebesar 26 MB (Mega Byte).

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu memilih aplikasi adzan otomatis yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan gawan anda. Lalu, apakah anda sudah mulai menentukan ingin menggunakan salah satu aplikasi adzan otomatis di atas ?