Aplikasi

Aplikasi Akuntansi Rekomendasi Terbaik untuk Mengelola Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, artinya anda telah menentukan komitmen untuk bekerja secara profesional pada setiap lini terinci dalam bisnis anda terlebih masalah keuangan. Sebagai pebisnis salah langkah dalam menerapkan manajemen aset, tentunya akan menemukan kesulitan dalam membedakan pengelolaan aset pribadi dan aset bisnis dalam perusahaan anda. Jika hal ini tetap dijalankan, anda harus bersiap dengan bom waktu yang telah anda rangkai sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan sistem pembukuan atau sistem akuntansi demi menjalankan bisnis anda secara sehat. Sistem pembukuan dapat dilakukan dengan aplikasi akuntansi yang dapat membantu dalam pengelolaan keuangan. Jika sistem akuntansi dilakukan secara teratur, anda akan dengan mudah mengatur manajemen aset terlebih manajemen secara sederhana seperti membedakan aset pribadi dan aset bisnis.

Aplikasi akuntansi adalah program yang membantu akuntan untuk melakukan proses pembukuan dan pencatatan keuangan. Aplikasi ini biasanya berbentuk perangkat lunak yang dapat anda pasang pada perangkat komputer atau gawan anda. Dengan aplikasi akuntansi, anda dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan anda. Tak hanya itu, banyak sekali developer software di luar sana juga menambahkan berbagai macam varian fitur dalam aplikasi akuntansi yang dapat anda manfaatkan.

Adapun manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi akuntansi. Manfaat pertama, pengerjaan pencatatan keuangan dapat anda lakukan secara mudah dan cepat, terlebih aplikasi akuntansi biasa terpasang pada perangkat laptop atau gawan anda. Kedua, dalam proses pencatatan keuangan sering kali terjadi kendala human error karena membutuhkan ketelitian dalam mencatat keuangan. Namun menggunakan aplikasi akuntansi anda tidak perlu khawatir karena perangkat digital dengan mudah merekam pengejaan nominal angka dengan minim kesalahan atau hampir tidak sama sekali. Ketiga, aplikasi akuntansi dapat menyajikan data dengan akurat maka akan sangat mudah bagi anda untuk mengambil keputusan pada keberlangsungan bisnis anda.

5 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk Mengelola Bisnis

Setelah mengetahui betapa pentingnya sistem akuntansi terhadap bisnis anda, serta hadirnya aplikasi akuntansi yang memberikan berbagai manfaat bagi keberlangsungan bisnis anda. Saat ini anda pasti mulai memikirkan untuk mulai beralih pada teknologi aplikasi akuntansi untuk membantu proses pencatatan keuangan perusahaan anda. Lalu aplikasi akuntansi apa saja saat ini yang memiliki kinerja terbaik untuk membantu pengelolaan bisnis ? berikut ini kami telah memaparkan rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik untuk mengelola bisnis anda.

Baca Juga:  Aplikasi Crypto Gratis Terbaik 2022, Ada Favoritmu?

1. Jubelio

Rekomendasi aplikasi Jubelio satu ini dapat anda coba pada bisnis kecil, menengah hingga besar. Aplikasi akuntansi Jubelio dapat memudahkan anda dalam mengurus serta melakukan penyusunan laporan keuangan bisnis anda secara otomatis. Tak hanya itu, aplikasi Akuntansi Jubelio telah terhubung dengan sistem omnichannel. Jadi untuk anda yang memiliki beberapa usaha seperti toko online di berbagai macam marketplace tidak perlu merasa khawatir. Karena, Jubelio hadir dengan fitur pencatatan hasil penjualan, pembuatan faktur dan penyesuaian stok barang secara otomatis pada semua toko yang anda miliki. Kelebihan aplikasi akuntansi satu ini yakni, penyajian data yang tersaji secara real-time.

2. Software SAP

Sebanyak 200 juta pengguna dari 140 negara telah menggunakan aplikasi ini. Software SAP memberikan berbagai macam pelayanan di dunia bisnis tak terkecuali permasalahan di bidang keuangan berupa pencatatan dan perekaman keuangan. Software SAP memberikan beberapa fitur pelayanan untuk sistem akuntansi yang terintegrasi, yakni fitur ‘unify group reporting’, anda dapat mengakses data pada waktu yang cepat dan menyatukan semua konsolidasi serta semua aktivitas transaksional.

Fitur kedua ‘centralise financial’, anda dapat memanfaatkan platform transaksional dan analitis terpadu serta anda akan mendapatkan dukungan SAP dari pihak ketiga dan perhitungan ROI (Return of Investment). Ketiga ‘easy tax management’, dari segala pencatatan keuangan anda dalam aplikasi akuntansi ini, Software SAP dengan otomatis memberikan anda rekomendasi pengambilan keputusan dalam bisnis anda.

3. Kledo

Aplikasi akuntansi Kledo, di bangun dengan tujuan untuk mengubah bisnis dengan skala hingga menengah kecil menjadi bisnis yang konvensional, bankable, auditable, serta bisnis yang mampu bersaing di kancah nasional dan global. Kledo menjadi aplikasi akuntansi yang solutif bagi usaha kecil hingga menengah yang masih lekat dengan sistem pencatatan yang tidak rapi. Dalam membantu proses pembukuan dan pencatatan keuangan anda, Kledo hadir dengan beberapa fitur unggulannya yakni, fitur invoice, purchasing, biaya, laporan, aset tetap, dan inventori.

Baca Juga:  Aplikasi Nonton Anime Nekopoi.Care Terbaru 2022

4. Xero Accounting

Aplikasi Xero Accounting, merupakan perusahaan yang berbasis di New Zealand. Aplikasi akuntansi ini menyediakan data penyimpanan pembukuan dan pencatatan keuangan anda menggunakan penyimpanan awan (cloud-based). Xero Accounting berdiri untuk membantu seluruh proses bisnis pada skala kecil hingga skala menengah. Xero accounting juga memiliki beberapa kantor cabang yang telah tersebar di beberapa negara. Keunggulan dari aplikasi akuntansi satu ini, adanya fitur yang bisa anda gunakan secara fleksibel yakni, fitur rekonsiliasi bank, pengiriman faktur secara otomatis, dan pembayaran tagihan secara otomatis serta pelacakan secara real-time.

5. MYOB Accounting

MYOB Accounting hadir untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis pada skala kecil hingga skala menengah. Aplikasi MYOB Accounting dapat membantu anda meraih sukses dari bisnis anda, dengan penawaran akses sangat cepat dan akurat. Aplikasi akuntansi ini juga menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), yang berguna untuk memberikan laporan secara mendalam dari data pembukuan anda.

Setelah pemaparan lima rekomendasi aplikasi akuntansi di atas, apakah anda sudah memulai menetapkan untuk mencoba salah satunya ? perlu anda ingat bahwa, setiap aplikasi akuntansi memiliki ciri khasnya masing-masing dan kekurangannya juga. Jadi, pilihlah aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan keuangan anda.

Manfaat Sistem Akuntansi

Penerapan sistem akuntansi yang baik, akan memberikan dampak akan jalannya bisnis anda secara sehat. Manfaat pertama yang akan anda rasakan dengan menerapkan sistem akuntansi yakni, mengetahui besaran keuntungan dan kerugian yang didapat oleh bisnis yang dijalankan. Tentunya mengetahui besaran keuntungan dan kerugian dari bisnis adalah hal paling utama. Sebagaimana mestinya, tujuan anda mendirikan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Jika terdapat kerugian yang anda sadari, maka anda dapat segera mengambil jalan keluar untuk proses bisnis yang lebih baik kedepannya. Melalui sistem akuntansi yang terintegrasi, anda dengan mudah dapat mengetahui arus distribusi keuangan dan aset barang dalam bisnis anda.

Manfaat kedua, sistem akuntansi akan membantu anda untuk mengetahui setiap rincian transaksi pada perusahaan. Sudah selayaknya yang telah kita ketahui, bahwa mengetahui tiap rincian transaksi perusahaan merupakan fungsi primer dari akuntansi itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkannya ketelitian dan kerapian dalam melakukan pencatatan keuangan.

Manfaat ketiga, sistem akuntansi dapat mempermudah anda dalam melakukan penilaian terhadap bisnis anda. Sistem akuntansi merupakan aktivitas pembukuan atau proses perekaman mengenai segala produktivitas perusahaan anda. Dari hasil pembukuan tersebut, anda sebagai pebisnis secara mudah mengetahui gambaran terhadap proses jalannya bisnis, apakah bisnis anda berhasil membawa keuntungan sesuai harapan atau malah kerugian. Manfaat keempat, sistem akuntansi yang baik dapat membantu anda dalam pengambilan keputusan. Hasil dari proses akuntansi yang lengkap dan terperinci akan menjadi alat analisis bagi anda untuk menjalankan bisnis. Hasil dari analisis ini, dapat mempermudah bagi anda mengambil keputusan dan menentukan kebijakan bagi jalannya bisnis anda.

Baca Juga:  Aplikasi Penghapus Background Foto Terbaik

Opsi Penerapan Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi memang bukan hal yang mudah untuk diterapkan karena memerlukan ketelitian dan kerapian dalam pencatatannya. Namun, jika anda menginginkan kelangsungan proses bisnis yang sehat tentunya anda harus segera menerapkan sistem akuntansi ini. untuk menerapkannya terdapat tiga opsi yang setidaknya bisa anda coba. beberapa opsi tersebut yakni: opsi pertama, menerapkan sistem akuntansi ini sendiri secara pribadi; opsi kedua, anda bisa menggunakan jasa seorang akuntan untuk membantu keberlangsungan bisnis anda atau; opsi ketia, menggunakan software aplikasi akuntansi yang mudah untuk digunakan dan sudah otomatis terintegrasi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sehingga anda dapat dengan mudah memiliki data laporan keuangan secara real-time.

Beruntung sekali saat ini kita hidup di tengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi. Dan teknologi bertumbuh dengan menebarkan kebermanfaatan bagi masyarakat dunia. Tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi dan memperoleh informasi secara mudah. Teknologi saat ini dapat membantu manusia sudah di berbagai bidang, seperti bidang transportasi, bidang pertanian, bidang kesehatan, bidang pendidikan, dan masih banyak bidang lainnya tak terkecuali bidang pengelolaan keuangan.

Banyak sekali saat ini software developer (pengembang perangkat lunak) individu maupun kelompok mengembangkan berbagai macam aplikasi atau software yang dapat digunakan seluruh umat manusia sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada. Salah satunya pengembangan aplikasi akuntansi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya melakukan proses akuntansi berupa pencatatan dan perekaman diperlukannya keahlian dan ketelitian yang tinggi. Jika terdapat kesalahan kecil saja, tentu akan berdampak pada jalannya bisnis anda.