Aplikasi

Aplikasi Al Quran Terbaik Wajib Punya, Yuk Rajin Mengaji!

Al Quran merupakan kitas suci utama bagi seorang muslim sebagai petunjuk hidup di dunia bagi umat islam. Beruntung kita saat ini hidup pada era modern dan perkembangan teknologi yang pesat. Sehingga, melalui teknologi kita bisa tetap membaca Al Quran dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi AL Quran yang terpasan pada ponsel pintar kita.

Dengan kehadiran aplikasi Al Quran, ibadah kita semakin lebih praktis. Terlebih bagi anda yan memiliki hobi berpergian atau travelling, memiliki aplikasi Al Quran pada ponsel pintar anda menjadi solusi yang tepat dan inovatif untuk tetap produktif beribadah. Hanya dengan ponsel, anda dengan mudah mengejar pahala serta keberkhan dari lantunan ayat suci yang dilafalkan.

5 Rekomendasi Aplikasi Al Quran yang Wajib Anda Miliki

Aplikasi Al Quran

Aplikasi AL Quran atau biasa disebut dengan Al Quran digital adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat lafal Al Quran di dalamnya. Biasanya fitur yang yang terdapat di dalam aplikasi Al Quran berupa audio dan visual jernih murrotal Al Quran, terjemahan ayat-ayat suci AL Quran, tafsiran AL Quran, dan banyak fitur lainnya.

Kami akan mensajikan beberapa rekomendasi aplikasi Al Quran yang dapat anda unduh pada ponsel pintar anda. Aplikasi yang kami rekomendasikan ini tidak hanya memiliki fitur utamanya yaitu bacaan Al Quran tapi juga memiliki fitur lainnya. Fitur tambahan tersebut dapat membantu anda agar maksimal dalam beribadah. Beberapa fitur tambahan tersebut antara lain, audio murrotal lantunan bacaan Al Quran, lafal Al Quran dengan warna untuk menandai bacaan tajwid, pengingat waktu sholat, dan masih banyak lagi. Nah, berikut 5 rekomendasi aplikasi AL Quran yang wajib anda miliki agar semakin semangat untuk mengaji:

1. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia sudah memiliki terjemahan Bahasa Indonesia, lengkap dengan audio mp3 murrotal untuk semua ayatnya. Terdapat 11 surah atau 330 juz tanpa adanya pembatasan. Serta dapat dibaca secara offline tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet atau nirkabel. Fitur yang tersaji dalam aplikasi Al Quran Indonesia, yakni : desain yang menarik dengan layar geser untuk berpindah surah atau juz; anda bisa membaca Al Quran denganposisi layar secara potrait atau landscape; tersedia dua tema tampilan layar (terang dan gelap); terdapat dua versi terjemahan yakni dari Kementrian Agama RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia; bacaan tajwid berwarna; jadwal sholat dan imsakkiyah pada bulan ramadhan; tampilan layar widget jadwal sholat; dan tentunya masih banyak fitur menarik lainnya.

Baca Juga:  Social Spy WhatsApp Aplikasi Sadap WA Online

Sebanyak 10 juta orang telah menginstal dan menggunakan aplikasi Al Quran ini. aplikasi ini juga tidak begitu berat, hanya memakan 10 MB ruang penyimpanan ponsel anda. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi yakni sebanyak 4.9 bintang yang telah mendapat review dari jutaan pengguna. Namun untuk mendapatkan beberapa fitur menarik, aplikasi ini akan memberikan tambahan biaya pengguna sebesar Rp. 20 ribu/ item.

2. AL Quran Kemenag

AL Quran Kemenag

Aplikasi Al Quran Kemenag ini merupakan aplikasi yang dirilis oleh Kementrian Agama RI. Ayat Al Quran pada aplikasi ini tersedia menggunakan tulisan Standar Indonesia Rasm Usmani. Anda dapat mencoba aplikasi ini melalui perangkat Android, Web, atau IOS. Tak hanya menyediakan lafal Al Quran, aplikasi AL Quran Kemenag sudah lengkap dengan terjemahan Bahasa Indonesia, tafsir Al Quran dalam dua variasi, yakni: tahlili dan ringkas, serta sejumlah audio mp3 murrotal Al Quran pilihan. Fitur tambahan sebagai pelengkap aplikasi ini yaitu, terdapat kalendar hijriyah yang sudah berdasarkan pada beberapa kalender (pemerintah, ormas, dan lembaga); lalu anda dengan bebas dapat mengkustomisasi ayat; fitur akses audio yang cepat; dan bebas bug sehingga ponsel anda tidak lemot saat menggunakan aplikasi ini.

Sebanyak 100 ribu orang telah menggunakan aplikasi ini. Dengan rating sebanyak 4.5 dari ribuan reviewer, anda mungkin bisa mulai untuk mencoba aplikasi ini. Namun, aplikasi ini cukup memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel anda karena memilik ukuran sebesar25.40 MB.

3. Umma: Quran Majeed Prayer Time

Umma Quran Majeed Prayer Time

Aplikasi Umma, mengklaim sebagai aplikasi yang mudah untuk digunakan sebagai aplikasi pegangan para muslim. Umma hadir untuk menemani produktivitas ibadah anda sehari-hari. Lafal Al Quran dalam aplikasi ini sudah memiliki beberapa terjamahan salah satunya Bahasa Indonesia. Anda juga bisa menikmati audio bacaan Al Quran dari mp3 yang tersedia, serta bacaan ayat yang sudah berwarna untuk menandai bacaan tajwid. Tak hanya menyediakan Al Quran digital, aplikasi ini juga sudah lengkap dengan notifikasi waktu ibadah sholat dengan suara adzan yang bisa anda pilih sesuai suara Muadzin favorit anda. Notifikasi waktu ibadah sholat juga sangat akurat sesuai dengan lokasi anda saat ini. Tak hanya itu, aplikasi Al Quran ini juga dapat menemani perjalanan anda di negara lain. Karena, sudah lengkap dengan peta yang dapat menunjukkan lokasi tempat makan halal dan tempat untuk beribadah.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video PC dan Laptop Ringan Terbaik

Aplikasi ini sudah digunakan oleh sebanyak 10 juta pengguna dari seluruh dunia. Sudah terdapat ratusa ribu pengguna yang memberika review bagus terhadap aplikasi ini sehingga memiliki rating sebesar 4.7 bintang. Sudah tidak perlu anda ragukan lagi jika anda ingin mencoba aplikasi ini untuk menemani produktivitas ibadah anda. Namun, terdapat kekurangan yang penulis temui pada aplikasi ini yakni ukuran aplikasi yang cukup besar. Ukuran aplikasi ini sebesar 42 MB, ukuran aplikasi relatif besar untuk dipasang pada ponsel anda. Meski demikian, anda dapat menikmati semua fitur menarik yang tersedia secara gratis.

4. AL Quran Plus

AL Quran Plus

Aplikasi Al Quran Plus satu ini juga sedah memiliki terjemahan dalam Bahasa Indonesia sesuai Al Quran Rasm Kementrian Agama RI. Seperti aplikasi Al Quran lainnya, aplikasi ini juga sudah lengkap dengan bacaan teks tajwid berwarna dan audio mp3. Fitur yang bagus menurut penulis dari aplikasi ini adalah dapat menampilkan dua terjemahan ayat Al Quran sekaligus berdasarkan terjemahan Kemenag RI Th. 1999 dan Th. 2022. Fitur tambahan lain dalam aplikasi ini yaitu, pengingat waktu shalat dan tampilan widget kalender Hijriah; fitur copy share ayat dengan latar belakang menarik ke media sosial yang anda punya; terdapat dua pilihan font Arab yang bisa anda pilih sesuai selera; serta terdapat bacaan hadis yang bisa anda dapatkan lewat aplikasi ini.

Aplikasi Al Quran dengan lebih dari 10 ribu pengguna ini memliki rating yang cukup tinggi sebanyak 4.8 bintang dari 1,6 ribu reviewer. Besar aplikasi ini tergolong sedang, yang hanya menghabiskan ruang penyimpanan sebesar 16.42 MB saja. Anda secara gratis sudah dapat menikmati seluruh fitur yang tersediadalam satu paket aplikasi ini.

Baca Juga:  Aplikasi Download Video Tiktok Tanpa Watermark, Kualitas HD

5. Muslim Pro: Quran and Athan

Muslim Pro Quran and Athan

Aplikasi Al Quran terbaik yang dapat kami rekomendasikan terakhir ialah Muslim Pro: Quran and Athan. Aplikasi ini memberikan anda bacaan Al Quran dengan teks Arab atau latin dan sudah satu paket dengan audio mp3 yang bisa anda dengar secara jernih. Bacaan tajwid berwarna juga dapat anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan baca Al Quran. fitur tambahan yang dapat anda nikamti, yakni: pengingat waktu ibadah sholat; pengingat waktu imsak dan buka puasa yang dapat anda gunakan pada bulan ramadhan; penunjuk arah ke lokasi tempat makan halal dan tempat ibadah; aplikasi ini juga dapat membantu anda untuk menghitung jumlah lafal tasbih yang anda ucapkan; dan anda bisa menemukan komunitas muslim melalui aplikasi untuk beribadah bersama.

Terlihat dari jumlah penggunanya aplikasi ini merupakan aplikasi favorit muslim. Sebanyak lebih dari 100 juta pengguna menggunakan aplikasi inidengan rating 4.5 bintang dari jutaan reviewers. Aplikasi ini mungkin akan sedikit berat jika terpasang pada ponsel anda, karena memiliki ukuran sebesar 28.85 MB. Tak hanya itu, untuk mendapatkan fitur premium anda harus membayar sebesar Rp. 7 ribu hingga Rp. 1.799 juta untuk tiap itemnya.

Itu dia, 5 rekomendasi aplikasi Al Quran terbaik dan rekomendasi bagi anda yang ingin tetap produktif dalam beribadah dimana saja dan kapan saja. Perlu anda ingat juga, bahwa anda hanya perlu menggunakan aplikasi seusai kebutuhan dan kemampuan erangkat ponsel anda.