Aplikasi

Aplikasi CCTV Android Terbaik dan Tercanggih 2022

Aplikasi CCTV HP – Semua orang pasti menginginkan keamanan dan kenyamanan bagi setiap rumah yang mereka tempati. Untuk rumah yang aman, harus diupayakan untuk dapa menghindari gangguan orang-orang yang mencurigakan. Seperti halnya adanya pagar ataupun tembok yang dapat mencegah orang yang tidak bertanggungjwab memasuki rumah kita tanpa seizin kita.

Beberapa orang juga memilih ataupun menyewa jasa seorang petugas keamanan sebagai penjaga rumah agar terhindar dari orang-orang tidak bertanggungjawab. Tetapi seiring berjalannya waktu dan teknologi terus melakukan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Seperti halnya CCTV sebagai teknologi yang dapat merekam segala aktivitas yang terdapat di ruangan yang anda pasang.

5 Aplikasi CCTV untuk Android

Aplikasi CCTV

CCTV (Closed Circuit Television) adalah sebuah teknologi berbasis pada kamera pengintai yang dapat anda gunakan untuk memantau segala aktivitas. Dapat anda gunakan pada saat anda sedang tidak berada di rumah. Jika dahulu CCTV hanya dapat diakses melalui computer saja, sekarang dapat diakses juga melalui ponsel anda. Syaratnya hanya ponsel anda harus terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi CCTV yang dapat anda gunakan untuk memantau seluruh aktivitas di rumah/kantor/toko anda :

1. IP Webcam

Aplikasi CCTV

Merupakan sebuah aplikasi CCTV dengan menggunakan teknologi yang disebut Internet Protokol (Protokol TCP/IP). Selain intu IP Webcam merupakan perangkat yang memiliki tujuan untuk streaming rekaman video dengan bantuan koneksi internet. Misalnya pada rekaman lalu lintas atau rekaman yang dapat diakses publik.

Untuk pemasangan di rumah maka akan merekam seluruh kegiatan yang dilakukan di rumah. Dapat anda akses dari jarak jauh, karena hanya mengandalkan koneksi internet. Manfaat dari aplikasi CCTV ini yang dapat anda akses dengan ponsel anda yakni dapat mencakup panel control yang mudah digunakan.

Baca Juga:  Aplikasi Akunting Paling Akurat untuk Bisnis Anda

Aplikasi CCTV ini anda control tingkat zoom, kecerahan, pemutaran kamera serta menyalakan lampu kamera jika anda perlu. Anda juga dapat menekan tombol Switch Camera yang digunakan untuk membalik kamera depan dan belakang pada ponsel atau perangkat anda. Di dalam aplikasi ini, anda juga dapat menggunakan fitur record video tetapi sifatnya terbatas.

2. Alfred Home Security Camera

Aplikasi CCTV

Rekomendasi selanjutnya yakni Alfred Home Security Camera. Bagi anda yang akan menggunakan aplikasi ini harus memiliki akun Gmail untuk anda dapat login. Hal ini karena aplikasi yang dapat menghubungkan pada dua buah ponsel anda atau lebih akan bekerja menggunakanakun Gmail yang sama. Jadi dua buah ponsel ataupun lebih yang satu berfungsi untuk monitor (phone) dan satunya lagi sebagai CCTV (camera) dengan menggunakan akun yang sama.

Sehingga selama perangkat anda menggunakan akun dan Gmail yang sama maka keduanya akan saling terhubung satu sama lain. Hebatnya aplikasi CCTV ini, anda dapat gonta-ganti fungsinya. Dapat anda jadikan phone dan juga camera kapanpun sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, ponsel yang memiliki fungsi sebagai camera tidak harus selalu masuk di dalam aplikasi ini.

Aplikasi CCTV ini untuk ponsel dengan keadaan terkunci pun masih dapat menampilkan rekaman kamera pada ponsel lain yang berfungsi sebagai pemantau. Jadi jika ponsel yang memiliki fungsi sebagai camera tidak melakukan tindakan rekaman, jadi ponsel tersebut tidak akan sadar jika aktivitas anda terus dipantau.

Fitur menarik dari Aplikasi CCTV ini yakni kemampuan dari Alfred untuk memantau tidak hanya untuk satu kamera saja. Melainkan dapat memantau banyak camera pada phone apabila login dengan akun Gmail yang sama. Syarat lain yakni wajib untuk memiliki koneksi internet yang stabil dan mumpuni.

Apakah aplikasi CCTV ini membutuhkan SIM Card untuk dapat terhuung dengan internet? Jawabannya tidak selalu. Tergantung dari sumber internet anda yang didapatkan oleh ponsel anda. Apabila koneksi berasal dari WiFi yang ada di rumah maka tidak butuh SIM Card. Namun apabila sumber internet anda berasal SIM Card maka anda jelas akan membutuhkannya. Tetapi akan lebih baik untuk anda menggunakan WiFi rumah saja. Karena Alfred juga membutuhkan koneksi yang stabil untuk dapat memantau dengan berkelanjutan.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Logo Terbaik Bak Profesional Desainer Logo

3. DroidCam Wireless Webcam

Droidcam Wireless Webcam

Selanjutnya adalah DroidCam Wireless Webcam. Memiliki fungsi yang sama untuk dapat memantau tempat kerja/rumah/toko anda agar tetap aman. Selain berbentuk aplikasi, DroidCam juga dapat anda akses melalui browser yang ada di perangkat anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat memantau aktivitas di tempat anda dengan kamera CCTV ini. Memiliki resolusi kamera yang HD (High Definition) dan juga hasil gabar yang jelas dan jernih.

4. WardenCam

Wardencam

Aplikasi CCTV ini bernama WardenCam. Mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi pengintai yang dapat anda akses melalui perangkat anda. Adapun untuk beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini yakni sebagai berikut :

  1. Telah tersedia untuk Android dan iOS
  2. Aplikasi CCTV yang menggunakan instalasi satu klik
  3. Aplikasi CCTV yang dapat selalu on sepanjang hari
  4. Aplikasi CCTV ini dapat bekerja dengan koneksi 3G, 4G, LTE dan akan stabil jika anda menggunakan WiFi
  5. Aplikasi CCTV ini melakukan penyimpanan yang otomatis pada akun Google Drive anda
  6. Aplikasi CCTV ini menggunakan setup dari beberapa kamera yang anda pasang terhubung pada satu sistem yang sama
  7. Aplikasi CCTV ini dapat mendeteksi gerakan dan isyarat yang dapat anda ketahui melalui pemberitahuan lewat push notification dan email anda
  8. Terdapat mode malam yang dapat meningkatkan visibilitas pada kondisi cahaya yang minim
  9. Memiliki suara dan video kualitas tinggi

5. WiFi Baby Monitor

Wifi Baby Monitor

Pada aplikasi ini, anda dapat mengubah perangkat anda menjadi monitor anda dengan menggunakan fitur-fitur yang canggih. Seperti halnya pada obrolan langsung, mendeteksi gerakan serta penglihatan pada malam hari.

Aplikasi ini cocok anda gunakan untuk memantau bayi, balita, orang tua ataupun orang dengan penyakit demensia. Adapun beberapa fitur yang dapat anda dapatkan apabila menginstall aplikasi CCTV ini yakni sebagai berikut :

  1. Terdapat fitur Video Langsung dan Chat Langsung
Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Karaoke Terbaik yang Patut Dicoba

Dengan fitur ini, anda dapat melihat orang yang anda sayang di mana saja serta kapan saja. Aplikasi CCTV ini dapat berfungsi apabila ponsel anda telah terhubung pada internet.

     2. Dapat mendeteksi gerak

Fitur aplikasi CCTV ini dapat mendeteksi setiap gerakan serta aktivitas yang terpantau kamera melalui monitor video. Pendeteksian gerak ini dapat dikirm melalui notifikasi anda bahwasanya terdapat gerakan yang telah terdeteksi.

     3. Night Vision

Memiliki fitur yang menyesuaikan dengan pencahayaan. Dalam keadaaan minim cahaya pun semua gerakan dapat terdeteksi dengan aplikasi ini.

     4. Perekaman

Aplikasi CCTV ini dapat menyimpan rekaman video. Video yang mendeteksi gerakan-gerakan ini akan tersimpan di cloud selama 7 hari dengan gratis.

     5. Reability

Aplikasi CCTV tersebut dapat berfungsi oleh koneksi internet 3G, 4G dan WiFi jika ingin lebih stabil.

     6. Mudah untuk anda gunakan

Dapat anda gunakan dengan mudah hanya dengan memasangkan pada akun Gmail anda.

     7. Tidak Terbatas Dengan Perangkat

Aplikasi CCTV tersebut dapat menghubungkan anda dengan perangkat anda yang lain

     8. Koneksi yang aman

Aplikasi CCTV ini dapat mengantarkan semua komunikasi yang terjalin antara anak dengan perangkat induk dengan aman. Aman maksudnya dapat terenkripsi dengan melalui situs cloud anda. Adapun untuk enkripsi pada standar industri ini untuk memastikan aliran audio dari orangtua dan meneruskan audio mereka pada bayi mereka.  

     9. Tanda Telepon

Fitur terakhir pada aplikasi CCTV ini yakni dapat mengirimkan semua pemberitahuian pada saat telepon monitor video tengah kehilangan koneksi.