Aplikasi

Aplikasi Chat Selain WhatsApp, Apa Saja Ya?

Aplikasi chat menjadi bagian penting untuk seluruh masyarakat di dunia untuk tetap berkabar satu sama lain dengan keluarga, rekan kerja, client dan sebagainya. Bukan hanya masyarakat gunakan untuk saling berkabar, tetapi juga menggunakan aplikasi chat sebagai media komunikasi bisnis dan komunikasi kerja untuk dapat menghubungkan keduanya. Tetapi pada jalannya aplikasi chat, seringkali WhatsApp mengalami down atau gangguan server dari pusat untuk sementara waktu yang dapat menghambat produktifitas kita yang aktif setiap harinya.

Akibat dari server yang seringkali down, pada akhirnya kita sempat dibuat kesal karena kepentingan kita untuk dapat terhubung dengan teman/keluarga/client/rekan kerja menjadi terhambat dan gagal. Tidak hanya itu, WhatsApp juga mengalami beberapa permasalahan yang berkaitan dengan security atau keamanan pengguna yang menyangkut privasi. Dengan adanya permasalahan ini, WhatsApp menyediakan fitur end-to-end yakni fitur yang digunakan untuk menjaga kerahasiaan privasi dari semua pengunduh aplikasi sebagai fitur keamanan yang dimiliki oleh WhatsApp sendiri.

Aplikasi chat selain WhatsApp yang dapat diunduh melalui Google Play Store di Android atau Apps Store di semua perangkat IPhone, Ipad, IMac. Bahkan di dalam aplikasi dibawah, fitur yang digunakan bukan hanya sekedar chatting, telepon dan video call tetapi juga dapat mendapatkan teman baru.

Kami telah merangkum untuk beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yakni sebagai berikut :

Aplikasi Chat Selain WhatsApp

1. Aplikasi Chat Telegram

Telegram dirilis oleh dua bersaudara yakni Nikolai dan Pavel urov yang berasal dari Rusia. Mereka juga merupakan pendiri Vkontakte (VK) yang berdiri pada tahun 2013. Sebagai salah satu aplikasi chat selain WhatsApp, telegram memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak yaitu sekitar 500 juta orang dari seluruh dunia. 

Fitur yang Serupa dengan WhatsApp

Kemudian apakah telegram dapat kamu gunakan untuk keperluan bisnis terutama bisnis online atau e-commerce? Apabila  WhatsApp terdapat fitur WhatsApp Business yang telah terbuat khusus untuk keperluan bisnis dari pengguna, maka untuk telegram fitur ini belum ada. Tetapi bukan berarti kamu tidak dapat menggunakan telegram sebagai aplikasi chat selain whatsapp untuk keperluan bisnismu.

Baca Juga:  Aplikasi CCTV Android Terbaik dan Tercanggih 2022

Adapun untuk kelebihan telegram sebagai aplikasi obrolan pengganti WhatsApp yakni fitur Telegram Bot serta Channel yang dapat di Subscribe oleh pengguna telegram yang lain. Dari fitur ini dapat kamu gunakan untuk keperluan bisnis penggunanya.

Sama seperti WhatApp yang telah menjaga privasi penggunanya melalui fitur end-to-end, Telegram  juga mengandalkan fitur keamanan penggunanya pada seluruh kegiatan obrolan, grup dan media yang telah terbagikan sudah terenkripsi dengan baik. Dalam hal ini, seluruh data yang ada di dalam aplikasi telegram akan sulit untuk disadap oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Telegram sebagai pengganti WhatsApp juga terdapat fitur yakni “Secret Chat”. Adapun untuk obrolan yang berada dalam secret chat ini bisa kamu atur agar terhapus dengan sendirinya dalam settingan waktu per-detik hingga per-satu minggu.

Kembali pada pembahasan fitur channel yang tidak jauh berbeda dengan fitur group chat yang ada di WhatsApp. Perbedaannya hanya pada admin saja yang dapat mengirim pesan. Nama channel pada telegram sebagai aplikasi chat selain WhatsApp ini dapat kamu cari di dalam aplikasi dan dapat di subscribe bagi pengguna yang tertarik pada channel tersebut. Untuk channel yang telah memiliki 1000 orang/subscriber maka dapat kamu lihat data analitiknya untuk channel dan juga postingan

2. Aplikasi Chat Facebook Messenger

Telah berkembang secara luas oleh perusahaan yang sama pada tahun 2008 dan merilis aplikasi mandiri yang tersedia di Google Play Store dan Apps Store pada tahun 2004 di Facebook.Inc dan berganti nama menjadi Meta Platforms, Inc pada tahun 2022 sebagai aplikasi chat selain WhatsApp.

Selain itu, sebagai aplikasi chat selain WhatsApp ini juga mendukung panggilan suara dan panggilan video seperti layaknya WhatsApp. Selain itu fitur tambahan dari Facebook Messenger yakni dapat bermain game dengan pengguna yang lain. Untuk keamanan dari aplikasi ini juga sama seperti WhatApp yakni fitur enkripsi end-to-end atau fitur ujung-ke-ujung opsional.

Baca Juga:  Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Mudah Digunakan

Facebook Messenger juga sebagai aplikasi chat selain WhatsApp yakni layanan jaringan social yang berarti jaringan pertemanan yang mana kau juga dapat mempunyai teman dari seluruh belahan dunia secara luas. Facebook Messenger ini juga akan tersinkronisasi dengan aplikasi Facebook yang dapat memudahkan untuk bertukar pesan dengan teman-teman dari akun Facebook kamu tanpa meminta kontak ataupun meminta konfirmasi pertemanan ulang.

3. Aplikasi Chat Line

Aplikasi chat selain WhatsApp gratis yang selanjutnya dapat di download di Google Play Store dan Apps Store selanjutnya yakni Line. Sama dengan WhatsApp dan Telegram, Line memiliki fitur untuk dapat mengirim pesan teks, suara, panggilan suara dan sebagainya. Berdiri pertama pada tahun 2011 oleh NHN Japan (Line Corporation) sebagai aplikasi chatting selain WhatsApp.

Fitur Line yang Membedakan dengan WhatsApp

Aplikasi chat selain WhatsApp seperti Line Jobs yang dapat kamu gunakan  untuk mencari lowongan pekerjaan. Selanjutnya Line Shopping sebagai aplikasi chat selain WhatsApp yang dapat kamu gunakan oleh pengguna untuk dapat mencari produk-produk dari marketplace . Fitur ini bekerja sama dengan iPrice yakni sebuah situs yang dapat melakukan perbandingan harga dari seluruh marketplace ternama.

Pengguna juga dapat memenuhi kebutuhan hiburan melalui fitur Watch Now pada aplikasi chat selain WhatsApp.

Fitur aplikasi chat ini menyediakan berbagai video hiburan serta informasi yang menarik dan bermanfaat yang dapat kamu tinjau. Kemudian Line Today sebagai aplikasi chat selain WhatsApp yang merupakan sebuah portal berita yang masih dalam aplikasi yang sama. Portal berita ini berisi tentang berita para artis, hiburan, games dan lain sebagainya.

Aplikasi Line Today juga bekerja sama dengan media pemberitaan yang ada di Indonesia seperti Kompas, Kumparan, Liputan6 dan sebagainya.

Selanjutnya Line Webtoon  yang berada pada naungan perusahaan Naver Corporation yang berasal dari Korea Selatan. Line Webtoon berisikan tentang komik yang seru banget serta menghibur yang rilis secara bebas dan gratis setiap hari. Untuk dapat melihat komik dengan stabil dan cepat kami merekomendasikan untuk mengunduh aplikasi Webtoon tersendiri.

Kemudian fitur Keep sebagai aplikasi chat selain WhatsApp yang mana sebuah fitur yang menampilkan tentang penyimpanan berkas. Adapun untuk batas dari penyimpanan berkas yang ada di Line Keep yakni 1 GigaByte. Dengan adanya fitur ini, akan memudahkan pengguna untuk berbagi file dalam semua format sebagai aplikasi chatting selain WhatsApp.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Kaos Top Cocok Untuk Desainer Bidang Kaos

Selanjutnya pada tanggal 16 Desember 2014, Line Pay Corporation mengeluarkan fitur baru yakni Line Pay. Untuk layanan Line Pay ini telah tersedia di Jepang, Taiwan serta Thailand.

4. Aplikasi WeChat

WeChat adalah suatu aplikasi chat selain WhatsApp berbasis chatting yang berasal dari perusahaan Tencent dari Tiongkok Oleh Tencent Holdings Limited yang telah berada sejak tahun 2011 dengan pengguna sebesar 1 Miliar orang.

Perbedaan dengan WhatsApp

Terdapat sedikit perbedaan pada aplikasi WeChat yang masyarakat gunakan di China dan WeChat yang masyarakat gunakan di luar China. Untuk versi China, WeChat bernama WeiXin dan yang masyarakat gunakan di luar China tetap Bernama WeChat. Per tahun 2017, pengguna dari WeChat sebagai aplikasi chat selain WhatsApp yakni sebanyak 818 juta orang. Untuk hasil riset yang menunjukkan bahwasanya rata-rata dari pengguna dapat menghabiskan waktu 4 jam per harinya. Merupakan angka yang sangat besar jika membandingkan dengan kompetitornya.36

Di negara China, hampir semua orang mengandalkan aplikasi WeChat yang menjadi asisten keperluan harian. Seperti berbelanja, transfer uang, pembayaran tagihan, bermain game, hingga membayar taxi. Kemudahan inilah yang menjadikan aplikasi yang paling banyak di unduh. Untuk pengguna WeChat sebagai aplikasi chat selain terbanyak tengah menggunakannya dengan aktif pada malam hari sekitar pukul 22.00-22.30.

5. Aplikasi Skype

Merupakan aplikasi chat alternatif selain WhatsApp yang dilengkapi video dan suara yang juga dapat mengirim pesan instan. Berada di perusahaan Microsoft yang berkembang dengan cepat dan menjadi sebuah media sosial yang terkenal.

Fitur-fitur yang dapat menampilkan tersebut yakni berupa panggilan audio dan video yang berkualitas HD, chatting dan sebagainya. Dapat anda unduh melalui Google Play Store dan Apps Store lainnya. Adanya kapasitas yang besar membuat aplikasi ini  memakan hardisk sebanyak 23 MB sebagai bagian dari aplikasi chat selain WhatsApp.