Aplikasi

Aplikasi Desain Grafis Mobile Terbaik Gratis Tahun 2022

Mengapa harus menggunakan aplikasi desain grafis mobile?. Karena ketika anda sedang dalam perjalanan dan anda ingin mengutarakan kreativitas menggambar sesuatu dengan mudah, atau bahkan dituntut untuk membuat desain dengan waktu yang cepat. Aplikasi desain mobile menjadi solusi terbaik dalam mengatasi hal itu. Karena sebagian desainer profesional bekerja menggunakan komputer dekstop atau laptop dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Selain aplikasi di dekstop aplikasi mobile telah berkembang lebih cepat untuk membuat sketsa atau gambar sederhana pada perangkat seluler anda. Aplikasi desain grafis mobile memberikan hal baru baru dengan menggunakan smartphone sehingga memudahkan pengguna selain melakukan desain pada komputer atau laptop. Berikut ini beberapa jenis aplikasi mobile terbaik yang disarankan untuk dapat anda gunakan dalam mendesain di smartphone atau tablet anda :

Rekomendasi 8 jenis aplikasi desain grafis terbaik yang tersedia untuk Android dan Ios

Ada banyak ragam aplikasi desain grafis yang menawarkan fitur pada lembar kerja aplikasi untuk menggambar sesuai dengan keinginan. Namun, apakah anda dapat memilih jenis aplikasi mana yang terbaik?. Artikel ini menjelaskan tentang beberapa jenis aplikasi desain dengan kualitas yang baik serta mudah dalam penggunaannya. Berikut ini jenis aplikasinya :

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang cukup populer serta dikenal oleh banyak desainer amatir dengan kemudahan aplikasi web dekstopnya. Namun, bagi desainer profesional aplikasi canva ini sangat mendasar serta terdapat desain dari template yang tersedia. Selain itu, anda dapat mengedit teks dan menambahkan atau menghapus elemen pilihan. Namun, jika anda ingin membuat prototipe desain dengan cepat di media sosial, aplikasi ini juga mendukung dalam mengekspor gambar yang telah dibuat dalam pengunggahan pada media sosial.

2. Infinite Design

Infinite Design, merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang paling awal serta berfokus pada desain serta merupakan aplikasi terbaik dalam membuat gambar vektor. Aplikasi ini memiliki banyak pilihan fitur yang dapat anda gunakan dalam membuat desain sesuai dengan keinginan. Selain itu, aplikasi ini memiliki alat pena sendiri seperti Photoshop dan Illustrator dan memiliki kanvas tanpa batas serta tata letak yang intuitif dan memungkinkan anda bekerja pada file seperti SVG dengan mengimpornya.

Baca Juga:  Aplikasi Chat Selain WhatsApp, Apa Saja Ya?

3. Adobe Illustrator Draw

Adobe illustrator draw merupakan aplikasi desain grafis dengan pilihan yang bagus untuk anda, jika anda mencari aplikasi untuk menggambar ilustrasi vektor. Aplikasi ini cukup sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi Infinite Design sebagai alternatif mobile untuk Adobe Illustrator. Hal ini sangat membantu anda jika ingin menggambar saat bepergian, cukup menggunakan smartphone sebagai alat kerja anda.

4. Autodesk Sketchbook

Autodesk Sketchbook adalah salah satu aplikasi desain grafis terbaik untuk menggambar dan melukis. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, kuas, dan pensil yang banyak. Ini dapat mendukung ilustrasi dan gambar yang sangat rinci, tetapi juga berfungsi dengan baik untuk sketsa cepat. Sketchbook ini dibuat oleh Autodesk yang membuat berbagai perangkat lunak lain untuk menerbitkan desain di dunia kreatif.

5. Adobe Fresco

Adobe Fresco sama seperti adobe illustrator draw, yang salah satu aplikasi desain grafis buatan Adobe ini adalah cara sederhana untuk menggambar di ponsel atau tablet anda. Aplikasi yang dibuat oleh Adobe, aplikasi ini terintegrasi secara baik dengan produk Adobe lainnya yang berarti anda dapat mengimpor ke Photoshop dan mempostingnya di media sosial hanya dengan satu ketukan. Aplikasi adobe fresco ini hanya dapat diunduh pada App Store atau perangkat Ios saja, sehingga pengguna android tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

6. Adobe Express

Aplikasi desain grafis satu ini, mirip seperti Canva dalam membuat desain dari template yang telah tersedia. Adobe Express ini berfokus pada kemampuan untuk membagikannya dengan mudah dan cepat. Bahkan aplikasi ini memungkinkan anda dalam membuat animasi sederhana untuk membagikannya ke media sosial. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk memotong dimensi yang sempurna pada setiap jejaring sosial.

7. iArtbook

iArtbook adlah aplikasi desain grafis yang hebat untuk melakukan pekerjaan ilustrasi atau desain. Aplikasi ini sangat mirip dengan Procreate dan sering berguna sebagai alternatif yang baik untuk memulai desain. Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah sepenuhnya gratis, sehingga membuat aplikasi ini jauh lebih mudah dalam mengaksesannya oleh ilustrator pemula yang lebih kasual.

8. Picsart Color Paint

Sama seperti iArtbook, Picsart Color Paint adalah jenis aplikasi desain grafis yang bagus untuk membuat ilustrasi dan gambar. Namun perbedaan dengan aplikasi iArtbook, Picsart color paint ini tersedia untuk Ios dan Android dan aplikasinya sangat mirip dengan aplikasi Concepts yang menjadi alternatif yang baik dalam menggambar dengan bermodalkan smartphone.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video Terbaik Mudah untuk Pemula

6 Aplikasi Desain Grafis untuk Software (Windows maupun MacOs)

Ingin membeli alat desain untuk kebutuhan pekerjaan? Atau hanya sekedar menyalurkan ide pada dunia kreatif?. Ada beberapa jenis aplikasi yang dapat anda gunakan pada software dengan versi gratif yang dapat membantu anda dalam membuat desain. Mari kita lihat beberapa aplikasi desain grafis terbaik versi gratis yang dapat anda pasang pada software :

1. Pixlr X

Pixlr X adalah salah satu jenis aplikasi desain grafis serta sebagai alat editor online gratis dengan menampilkan beberapa fitur canggih. Bagian terbaiknya adalah tampilan depan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Aplikasi ini dapat dikatakan selangkah lebih maju dari alat editing gambar lainnya, yang membedakan dari aplikasi lain yaikni Pixlr X menawarkan sejumlah alat pemotong gambar seperti lasso, shape, drag, dan magic.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi desain grafis sangat populer di semua kalangan, anda tidak perlu meragukan kualitasnya. Selain itu, Photoshop ini menjadi perangkat lunak desain grafis dan editor foto terbaik di dunia. Banyak desainer dan ilustrator di seluruh dunia yang menggunakan perangkat lunak ini untuk sejumlah tugas termasuk permodelan gambar 3D, tipografi, dan mendesain gambar unik.

Aplikasi ini memiliki desain yang cukup mudah dipahami oleh pengguna yang memungkinkan para desainer membuat panel tata letak mereka sendiri. Kelebihan dari Adobe Photoshop teruntuk pengguna yang tidak ingin mengunduh aplikasi ini, cukup dengan membuka web Adobe Photoshop untuk memulai mendesain. Selain itu, kekurangannya, yaitu termasuk aplikasi desain grafis berbayar dengan sistem berlangganan setiap bulan, serta menawarkan banyak fitur dan opsi penyesuaian untuk menggambar.

3. Autodesk Maya

Autodesk Maya banyak orang menganggap sebagai salah satu alat perangkat lunak terbaik untuk aplikasi desain grafis terutama untuk pekerjaan menggambar 3D. Ia menawarkan sejumlah fitur dan alat seperti remodeling, rendering, dan animasi untuk mencakup seluruh alur kerja desain gambar 3D. Kekurangan dari aplikasi ini yakni, aplikasi ini termasuk dalam membutuhkan kurva pembelajaran yang rinci sehingga kami tidak menyarankan untuk desainer pemula.

4. CorelDraw Graphics Suite

CorelDraw Graphics Suite adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat terkenal  untuk mendesain dengan mudah. Aplikasi ini menawarkan fitur keren lainnya dalam CorelDraw termasuk fitur Colour Harmony. Sehingga memungkinkan anda mengubah tampilan objek dari satu kelompok warna komplementer ke kelompok warna lainnya yang memungkinkan anda.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Rekomendasi Fitur Lengkap 2022

Baru-baru ini CorelDraw mengeluarkan versi terbaik di tahun 2020, 2021 dengan fitur yang mendukung dari Al, opsi tinjauan kolaboratif berbasis Cloud dan menciptakan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Ada fitur bitmap yang mengesankan untuk menggambar vektor. Kekurangan dari aplikasi desain grafis ini, yakni harus berlangganan setiap bulan, dan gratis percobaan selama 15 hari.

5. Affinity Publisher

Affinity Publisher merupakan aplikasi desain grafis yang dapat membantu anda dalam mendesain gambar bitmap maupun vektor. Contohnya dalam desain dalam pembuatan poster, banner, cover buku, dan gambar dengan kualitas resolusi gambar yang tajam, sehingga dapat memudahkan anda dalam membuat desain sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan yang terdapat dalam aplikasi ini, yaitu menampilkan format yang dapat terhuhung langsung dengan StudioLink, sehingga anda dapat mengubahnya menjadi file dokumen.

6. Gravit Designer

Gravit Designer merupakan aplikasi desain grafis yang dapat anda akses melalui Browser, Windows, MacOS, Linux, dan ChromeOS secara gratis. Aplikasi ini menawarkan tampilan yang bersih dan intutif, serta dapat menjadi solusi para desainer dalam menangani pekerjaan desain, mulai dari ikon dan prototipe hingga ilustrasi. Pada versi gratisnya, anda dapat mengekspor file dalam format PDF, SVG, dan Bitmap yang dapat anda akses di mana pun anda berada melalui Gravit Cloud.

Rekomendasi aplikasi desain terbaik terbaik untuk pemula?

Jika anda baru mengenal dunia perdesainan, ada sejumlah aplikasi desain grafis yang memungkinkan anda untuk memulai secara gratis. Salah satu rekomendasi utama kami adalah Canva, karena termasuk dalam aplikasi ringan untuk membuat desain cepat di browser anda. anda tidak perlu mengunduh aplikasi, dan tidak perlu membayar dalam penggunaannya. Kecuali jika anda ingin membuka fitur-fitur canggih dan dengan kualitas gambar yang lebih baik, anda dapat mengupgradenya ke premium atau dengan berlangganan.

Rekomendasi aplikasi desain berbayar terbaik?

Adobe Photoshop menjadi salah satu rekomendasi aplikasi desain grafis dengan menampilkan berbagai fitur dan alat kerja tampilan yang menyesuaikan kebutuhan mendesain gambar. Selain itu, aplikasi ini menjadi standar industri selama bertahun-tahun dan terus memperbarui tampilan tools untuk menyediakan fitur terbaru bagi pengguna.

Rekomendasi aplikasi desain gratis terbaik?

Pixlr X adalah alat desain gratis terbaik untuk desain grafis. Yang menjadi nilai terbaik tentang aplikasi ini adalah fitur-fiturnya yang mudah untuk semua pengguna. Hal ini sangat berguna bagi desainer pemula yang mencari perangkat lunak aplikasi desain grafis yang tepat untuk mengedit gambar.