Aplikasi

Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Rekomendasi Fitur Lengkap 2022

Aplikasi Desain – Di zaman yang makin canggih ini, banyak pekerjaan yang menggantungkan pada desain. Hal ini menyebabkan beberapa orang dengan pekerjaan kreatif menggunakan beberapa aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan mereka. Beberapa pilihan dari software yang dapat membantu untuk mengolah foto dan gambar.

Beberapa dari aplikasi desain ini ada yang berbayar, namun jika anda membayar beberapa aplikasi ini demi menunjang pekerjaan anda maka akan terdapat fitur-fitur yang lebih canggih. Penggunaan dari aplikasi desain ini juga dipakai oleh seorang Graphic Designer, Start Up hingga perusahaan dengan sistem multinasional dan sebagainya.

5 Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi Desain

Terdapat banyak aspek yang pada bidang bisnis yang juga memerlukan aplikasi desain. Seperti halnya pada konten social yang memuat iklan, brosur, packaging dan sebagainya. Apakah anda pernah membeli barang dengan kemasan yang unik? gambar yang telah jadi juga bagian dari hasil desain dengan menggunakan aplikasi yang dapat menunjang. Untuk itu, kami dapat merekomendasikan beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan, yakni:

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Desain

Merupakan sebuah aplikasi yang berbasis pada grafis raster (bitmap) yang juga sebagai perangkat lunak untuk membuat serta mengedit gambar. Gambar yang dihasilkan akan disimpan dengan berbagai format sesuai kebutuhan anda. Menurut pernyataan dari Encyclopaedia Britannica, Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak yang dianggap sering digujakan untuk pengeditan. Pengeditan ini digunakan pada gambar yang bersifat raster, desain grafis serta seni digital.

Pertama dikembangkan pada tahun 1987 oleh dua bersaudara bernama Thomas dan John Knoll. Mereka melakukan penjualan lisensi distribusi pada Adobe Systems Incorporated tahun 1988. Sejak sat itu, aplikasi ini hanya untuk MacOS dan Windows. Aplikasi ini biasanya untuk oleh para desainer, pengembang web, seniman grafis dan pekerja lain yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga:  Aplikasi Download Lagu Mp3 Terbaik

Adapun untuk aplikasi Photoshop memiliki beberapa kegunaan yakni sebagai berikut :

  1. Dapat memanipulasi warna sebuah gambar
  2. Dapat memotong dan memangkas gambar sesuai kebutuhan anda
  3. Dapat memperbaiki kekurangan, seperti halnya debu yang disebabkan oleh lensa/mata merah
  4. Dapat menggambar dengan menggunakan pena ataupun pensil
  5. Menambahkan teks pada gambar sesaui dengan keinginan anda]
  6. Dapat menghapus objek yang tidak diinginkan pada gambar
  7. Dapat mengatur foto  untuk akses cepat
  8. Dapat melakukan penerbitan gambar secara daring ataupun melalui email

2. Adobe Illustrator

Aplikasi Desain

Merupakan sebuah aplikasi desain yang popular pada kalangan professional, baik pada desain bisnis, seni dan sebagainya. Aplikasi ini berbasis pada editor grafis vektor yang berkembang dan juga dipasarkan oleh Adobe Systems sebagai developernya. Aplikasi ini memiliki tools canggih yang dapat membuat ilustrasi dengan berbasis vector, ikon, tipografi dan sebagainya. 

Pada aplikasi desain ini, memiliki model baru bernama Illustrator CC yakni merupakan generasi kedua puluh pada produk illustrator. Aplikasi desain ini memiliki fungsi untuk dapat menciptakan karya grafis. Selanjutnya, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang menarik yakni sebagai berikut :

1. Toolbox

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk dapat membuat ragam objek yang ada pada dokumen illustrator.

2. Pen Tool

Memiliki fungsi untuk menggambar semua bentuk yang anda inginkan. Terdapat berbagai pilihan untuk dapat mengubah ketajaman dari sudut titik temu untuk memberikan sebuah variasi wujud gambar.

3. Pathfinder

Aplikasi desain ini memiliki fitur aplikasi desain yang hamper sama dengan pen tool adalah pathfinder. Memiliki fungsi untuk dapat anda modifikasi bentuk pada benda tertentu dan sebagainya.

3. Inkscape

Inkscape

Merupakan aplikasi desain yang berfungsi untuk melakukan aktivitas mengedit atau pengolah gambar vector. Bersifat perangkat lunak yang bebas atau open sources dan anda akses dengan gratis dan mendapatkan lisensi dari gnu gpl. Adapun untuk tujuan dari aplikasi ini sebagai pengolah data atas perangkat grafik yang telah memenuhi stkamur XML, SVG serta CSS. Aplikasi Inkscape menggunakan sistem operasi yang berupa Cross-Platform serta dapat berfungsi pada sistem Mac OS X.

Baca Juga:  Aplikasi Email: Sejarah dan Cara Kerjanya

Selain itu, Aplikasi X11, toolkit GTK+ dapat bergabung pada operasi secara langsung serta sistem operasi ini berbasis pada Linux dan Microsoft Windows. Aplikasi ini memiliki sifat multi Bahasa. Inkscape sama dengan software dari Corel Draw, Adobe Ilustrator dan sebagainya. Perbedaaanya hanya terletak pada penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang telah memenuhi dari skatmur XML W3C. Selanjutnya fungsi dari Inkscape sebagai aplikasi desain yakni sebagai berikut :

  1. Berfungsi untuk membuat logo
  2. Untuk membuat gambar vector
  3. Aplikasi desain ini berfungsi untuk engedit gambar dengan menggunakan ekstensi SVG
  4. Aplikasi desain ini berfungsi untuk membuat kartun
  5. Aplikasi desain ini berfungsi untuk membuat teks vector
  6. Aplikasi desain ini berfungsi untuk membuat suatu lukisan yang sifatnya kompleks

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign

Merupakan aplikasi desain yang berbasis software yang berfungsi untuk menyatukan serta mengatur layout dari desain. Selain itu dapat anda gunakan pada media cetak ataupun digital, seperti e-book, majalah, hompage dari sebuah website dan sebagainya. Selanjutnya, Aplikasi ini bukan hanya untuk designer grafis saja, tetapi seorang professional pada bidang marketing juga menggunakannya. Mereka pun biasanya menggunakan aplikasi ini untuk membuat brosur, spanduk dan sebagainya. Software ini dapat memungkinkan anda untuk bekerja sama untuk mengirimkan dokumen yang telah selesai.

Untuk anda sebagai pemula tidak perlu khawatir. Ada banyak template yang dapat menjadi panduan anda dalam mengatur beberapa tools di dalamnya. Aplikasi desain ini hanya dapat anda gunakan pada desktop saja, seperti Windows dan MacOS. InDesign tidak memiliki versi untuk iPad dan perangkat ponsel. Anda hanya dapat melihat dari hasil proyeknya saja.

5. CorelDraw Graphic Suite

CorelDraw Graphics Suite

Merupakan sebuah aplikasi desain dengan berbasis editor grafis vector yang telah berkembang serta  oleh Perusahaan Corel Corporation di Kanada. Aplikasi perangkat lunak ini telah terancang untuk dapat melakukan aktivitas mengedit gambar yang sifatnya dua dimensi. Vector serta ilustrasi mengedit foto yang mana banyak dari perusahaan percetakan yang mengandalkan aplikasi ini.

Baca Juga:  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Offline Terbaik

Aplikasi CorelDraw telah berkembang secara resmi untuk Microsoft Windows 2.1, Windows 3.1x, CTO serta OS/2.  Aplikasi design ini dapat anda gunakan bagi anda pengguna Windows, MacOS, Website, iPad dan sebagainya. Selanjutnya, pada versi yang terbaru, aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang menarik yakni sebagai berikut :

  1. Aplikasi desain ini dapat membuat sebuah desain logo
  2. Dapat membuat desain brosur 
  3. Dapat membuat desain dari sampul buku
  4. Dapat membuat suatu ilustrasi sesuai dengan keinginan anda.
  5. Aplikasi Desain ini dapat membuat sebuah kartun