Aplikasi

Aplikasi Edit Video PC dan Laptop Ringan Terbaik

Aplikasi edit video PC dan Laptop adalah suatu aplikasi yang hadir untuk mempermudah pekerjaan para editor video. Biasanya aplikasi tersebut memiliki berbagai tools, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai seorang editor Anda harus jeli dalam memilih mana aplikasi yang paling sesuai.

Di samping itu, saat ini kebutuhan untuk mengedit video semakin meluas. Faktanya, semakin banyak orang yang senang dengan editing video walaupun bukan berlatar belakang sebagai seorang editor. Dalam hal ini, aplikasi edit video PC dan Laptop yang cocok untuk pemula sangat Anda perlukan.

Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Khusus untuk para pemula atau para editor yang senang dengan aplikasi editor video simple dan mudah, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang kami rangkum pada artikel ini.

1. HitFilm Express

Aplikasi Edit Video HitFilm Express

Aplikasi edit video PC dan Laptop yang pertama adalah HitFilm Express. Anda bisa menggunakan aplikasi ini pada komputer atau PC secara gratis. Aplikasi yang satu ini cukup menarik karena memiliki layanan fitur lengkap untuk kisaran aplikasi gratis pada kelasnya.

Berbagai fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi HitFilm Express adalah meliputi efek dan filter video, colour grading, VFX, dan berbagai fitur canggih lainnya. Pengguna aplikasi HitFilm Express ini juga terbilang banyak. Sebab, aplikasi ini bisa Anda install di laptop Windows maupun Mac.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini maka ada spesifikasi minimal yang harus terpenuhi. Di antaranya, processor minimal PC adalah Intel Core i3, Core i5, i7 atau dapat pula berupa AMD Equivalent. Untuk RAM yang kami sarankan adalah 4 GB.

Link Download: Klik Disini

2. Openshot

Aplikasi Edit Video Openshot

Openshot editor ini bersifat open source dan bisa Anda akses bebas dengan mudah. Di dalam aplikasi Openshot telah terdapat fitur face interface.

Dengan demikian, aplikasi edit video PC dan Laptop ini hampir sama dengan iMovie. Untuk penggunaannya sendiri, aplikasi Openshot dapat Anda pasang pada PC Windows, Linux, ataupun Mac. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang status kompatibelnya.

Untuk fiturnya sendiri, aplikasi ini menampung berbagai fitur seperti pemotong video, rotasi video, composting, video overlays, resize klip, snapping, dan scaling. Hal yang menarik adalah bahwa aplikasi ini memiliki fitur 3D animation maker yang tidak semua aplikasi memilikinya.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video CapCut Pro Mod Terbaru 2022

Spek yang harus Anda perhatikan saat ingin menginstal aplikasi Openshot adalah memory RAM 4 – 16 GB, penyimpanan minimal 500 MB, dan windows minimal versi 7.

Link Download: Klik Disini

3. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Khusus Anda para pecinta laptop atau PC Windows, Anda bisa menggunakan aplikasi andalan Windows yakni Windows Movie Maker. Aplikasi yang satu ini telah populer selama bertahun-tahun.

Sifat aplikasi yang praktis dan mudah dalam pengoperasiannya ini membuat aplikasi Windows Movie Maker banyak penggunanya. Aplikasi edit video PC dan Laptop ini terbilang basic, namun cukup recommended untuk para pemula dan untuk produk editing sederhana.

Link Download: Klik Disini

4. Kate’s Video Toolkit

Kate's Video Toolkit

Kate’s Video Toolkit adalah aplikasi edit video PC dan Laptop yang juga bisa Anda gunakan untuk edit video sederhana. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan dan sangat smooth untuk beroperasi di PC.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Kate’s Video Toolkit adalah adanya berbagai format yang tersedia. Mulai dari format AVI, MOV, WMV, ASF, DVD, VCD dan berbagai format yang lainnya. Sehingga akan lebih memudahkan saat Anda unggah dan transfer. Aplikasi ini menawarkan pula fitur untuk convert video, dan 3D transition effect.

Link Download: Klik Disini

5. Wondershare Filmora

Aplikasi Edit Video Filmora

Aplikasi edit video PC dan Laptop yang selanjutnya adalah aplikasi Wondershare Filmora. Aplikasi ini Anda bisa akses secara gratis dan mudah. Karena umumnya, aplikasi Wondershare Filmora tidak akan membuat PC menjadi lamban. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, sehingga bisa berjalan dengan smooth.

Meskipun seluruh fitur di dalam aplikasi ini bisa Anda akses secara gratis, tapi Anda akan mendapat watermark pada hasil editing. Akan tetapi hal ini tidak akan terlalu berpengaruh bagi sebagian orang. Karena, dengan interface yang keren, aplikasi ini sudah cukup memberikan pengalaman mengedit video yang menyenangkan.

Link Download: Klik Disini

6. Lightworks

Aplikasi Edit Video Lightworks

Berikutnya, Anda bisa memakai Lightwork untuk edit video di PC. Aplikasi Lightworks juga bisa Anda unduh secara gratis dan sangat recommended untuk berbagai macam produk editing video. Mulai dari editing video sederhana sampai editing video yang agak sedikit rumit.

Oleh karena itu, pengguna aplikasi edit video PC dan Laptop Lightworks ini bisa datang dari para beginner ataupun mereka yang sudah pro. Untuk hasil editannya sendiri, aplikasi Lightworks menawarkan resolusi yang tidak main-main. Video Anda akan mendapat dukungan resolusi dengan format NTSC, PAL, serta HD. 

Baca Juga:  Aplikasi Live Streaming No Banned Android

Link Download: Klik Disini

7. VirtualDub

Aplikasi Edit Video VirtualDub

Salah satu aplikasi yang recommended untuk para pemula yang ingin melakukan editing video adalah VirtualDub. Aplikasi edit video PC dan Laptop yang satu ini menawarkan layanan berkualitas dengan akses gratis.

VirtualDub merupakan aplikasi yang cukup populer untuk digunakan oleh para pelajar yang membuat tugas video sekolah. Hal tersebut karena proses pengeditannya yang tidak terlalu memakan banyak proses.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki bekal fitur yang cukup menarik. Anda bisa menggunakan fitur sharpen video, efek buram, mengatur speed video, dan lain sebagainya.

Link Download: Klik Disini

8. VSDC Free Video Editor 

Aplikasi Edit Video VSDC

Selanjutnya, ada VSDC Free Video Editor. Aplikasi ini pernah naik daun di tahun 2019. Hal tersebut karena kecanggihan dan fiturnya yang bisa menghapus watermark video.

Aplikasi edit video PC dan Laptop ini sangat bagus untuk Anda yang ingin membuat video dengan efek transisi HD. Umumnya, PC yang memakai aplikasi ini adalah yang memiliki prosesor Intel Cpre i3 ke atas atau processor AMD equivalent.

Link Download: Klik Disini

9. Pinnacle Studio 

Aplikasi Edit Video Pinnacle Studio

Pinnacle Studio juga merupakan aplikasi edit video PC dan Laptop yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini menawarkan fitur menarik nan canggih dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sekitar hampir 1500 video effects untuk memperkaya editing video Anda.

Aplikasi ini sangat cocok untuk para pengguna baru (beginner) di dunia editing. Hal ini karena tampilan aplikasi yang mudah untuk Anda pahami dan toolsnya yang anti ribet.

Link Download: Klik Disini

10. VideoPad

VideoPad

Selain beberapa aplikasi edit video PC dan Laptop yang telah Anda simak di atas, aplikasi VideoPad juga bisa Anda pilih lho! Aplikasi ini memiliki fitur andalan seperti pemotong klip, efek transisi, serta drop and drug.

Jika PC Anda memiliki RAM 4 GB dan minimal prosesor Core i3 atau AMD Equivalent, maka Anda bisa memakai aplikasi ini.

Link Download: Klik Disini

Nah, itu dia beberapa aplikasi Edit Video PC dan Laptop yang bisa Anda install dan gunakan di PC Anda. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Photo of author

Anna Masruroh

Anna Masruroh adalah penulis aktif pada situs careercenter.id. careercenter.id merupakan portal situs berita informasi dan lowongan kerja terbaru.