Aplikasi

Aplikasi Email: Sejarah dan Cara Kerjanya

Surat Elektronic dalam bahasa inggris electronic mail merupakan surat yang dalam bentuk format digital serta dapat dikirimkan melalui jaringan komputer. Dengan adanya fitur aplikasi email ini, dalam urusan surat menyurat menjadi sangat mudah. Dalam hitungan detik untuk pengirimannya sudah sampai ke alamat email yang anda tuju.

Aplikasi email ini, kami akan membahas mengenai sejarah singkat tentang aplikasi tersebut serta cara kerja ataupun penggoperasiannya.

Pada zaman yang sekarang sudah serba modern ini, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi email. Yang kehadirannya sangat dapat membantu aktivitas manusia terutama dalam hal berkomunikasi. Apakah anda sudah mengetahui mengenai sejarah dari aplikasi email ini.

3 Aplikasi Email Rekomendasi Terbaik untuk Kerja  Gratis

Berikut ini merupakan 3 aplikasi email rekomendasi terbaik untuk kerja gratis yang bisa anda gunakan sehari-hari:

1. Gmail

Gmail ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer serta banyak yang menggunakan. Karena gmail mudah untuk digunakan dan juga untuk pengguna baru. Aplikasi email, gmail ini menyediakan 15GB gratis untuk penyimpangan pesan, drive sampai foto.

2. Microsoft Outlook

Adalah aplikasi email yang banyak terpakai oleh beberapa perusahaan. Microsoft outlook ini juga sudah terintegritasi dengan Outlook Calender jadi sangat memudahkan untuk membagikan jadwal meeting.

3. Mailbird

Merupakan aplikasi email yang menjanjikan bagi pengguna untuk bisa menghemat waktu atau mengatur waktu serta mengatur banyak akun. Dan aplikasi email jenis mailbird ini juga memiliki versi personal dan business.

Pada zaman sekarang banyak sekali pilihan yang tepat dan berdasarkan kebutuhan. Aplikasi email ini menjadi salah satu yang dapat membantu untuk para penggunanya. Supaya anda sebagai pengguna bisa mendapatkan hasil yang maksimal, maka penggunaan aplikasi email ini perlu anda dukung dari perangkat yang memadai atau mendukung.

Awal mula kemunculan email

Sejarah aplikasi email pada tahun 1968, yang bermula pada jaringan bernama ARPANET. ARPANET ini awalnya hanyalah sebuah proyek komunikasi untuk institusi militer dan pendidikan saja.

Seorang bernama Roy Tomlinson merupakan seorang penemu, beliau memiliki latar belakang pernah bekerja di Bolt Beranek and Newman Inc perusahan termasuk salah satu perusahaan kontraktor yang ada di ARPANET. Dan pada tahun 1971 merupakan sejarah awal mula aplikasi email ini, Tomlinson membuat program electronic mail atau surat elektronik. Dengan menggunakan program email lokal menyebut dengan SNDMSG. Serta untuk penyerpurnaan aplikasi email ini penyebutannya yaitu CPYNET. SNDMSG itu adalah sebuah program yang membuat orang mampu berkirim pesan dengan memiliki mesin yang sama.

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Karaoke Terbaik yang Patut Dicoba

Dalam memperkenalkan fitur ini Tomlinson mendapat bantuan dari teman – temannya. Pesan pertama yang terkirim yaitu “QWERTYUIOP” berasal dari baris pertama pada keyboard komputer. Akhirnya Roy Tomlinson pada tahun 1972 dapat menyempurnakan program ciptaannya yaitu aplikasi email.

Aplikasi email ini tertunju untuk surat menyurat dalam bentuk elektronik dan sangat mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer. Icon @ ini juga diperkenalkan sebagai lambang untuk menunjukkan “at” atau sebagai pemisah antara identitas anda dengan alamat domain email.

Awalnya aplikasi email ini hanyalah sebuah layanan berbayar yang paling terkenal di Eudora. Kemudian dengan adanya penemuan World Wide Web oleh tim berners lee. Dan berikutnya pada tahun 1991 email mulai tersedia secara gratis antar web dan penyajian yang lebih ramah dengan beberapa penyedia layanan email seperti hotmail dan yahoo.

Fungsi-Fungsi Email 

Selain manfaat yang berdampak dari kemunculan email ini juga terdapat beberapa fungsi email selain dalam dunia internet. Fungsi tersebut yaitu :

Fungsi pertama sebagai alat untuk mendaftarkan diri ke berbagai situs dan juga media sosial. Maksud dari fungsi pertama ini hampir semua media sosial ataupun layanan daring lainnya sering lagi membutuhkan alamat email dalam proses pendaftaran akun atau pengguna barunya. Setelah dari pihak email menerima maka anda perlu untuk mengkonfirmasi kebenaran dari alamat email yang telah terdaftarkan tadi.

Fungsi kedua yaitu sebagai identitas diri, maksudnya karena anda dalam berbagai hal untuk mengakses internet juga menggunakan data diri anda. Maka apabila anda aktif dalam penggunaan media sosial atau dunia maya jadi data diri pada internet dapat menghubung dengan pengguna email melalui alamat email yang anda miliki.

Fungsi ketiga yaitu sebagai media pemasaran, maksud dari pemasaran dengan melalui aplikasi email mungkin salah satu cara pemasaran online yang pada zaman sekarang sudah dapat dikatakan paling tua. Karena sudah banyak tersedia situs layanan pemasaran, namun aplikasi email hingga saat ini masih termasuk dalam kategori ataupun jenis pemasaran online yang efektif.

Baca Juga:  Aplikasi Download Video Facebook Terbaik Kualitas HD

Ada beberapa layanan yang menyediakan pembuatan email yaitu seperti Yahoo mail, AOL, Yandex, zoho, Icloud, Microsoft Outlook dan yang banyak terunduh juga populer yaitu Gmail.
Sebelum mengetahui cara kerja dari aplikasi email yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu pembuatan akun.

Cara Membuat Akun Email

Cara untuk membuat akun email pada komputer yaitu berikut langkah – langkahnya

Pertama masukkan alamat www.gmail.com pada web browser anda. Setelah itu anda klik pada create an account dan isi data diri anda dengan lengkap dan benar.

Kedua setelah anda melalukan pengisian nama maka setelah itu anda bisa memilih nama untuk username yang ingin anda gunakan. Namun jika pada pengisian tersebut anda menemukan sebuah peringatan “tahat username is taken, try another” jadi anda harus sedikit merubahnya karena peringatan tersebut berarti ada oranglain yang sudah menggunakan username itu. Jika anda tetap ingin menggunakan username tersebut maka anda dapat mengakali dengan sedikit menambahkan angka atau tanda lainnya. Berikutnya setelah anda melakukan pengisian kolom yang belum terisi maka isi dengan data yang benar.

Langkah yang ketiga yaitu klik next step atau selanjutnya, kemudian akan muncul agreement atau setuju dan klik I Agree. Setelah langkah tersebut selesai maka sekarang anda sudah memiliki akun gmail.

Membuat Akun Email Melalui Ponsel

Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan akun dengan menggunakan Handphone. Berikut kami sajikan juga langkah – langkah anda dalam membuat akun gmail dengan handphone.

Carilah menu setting atau pengaturan pada handphone anda, kemudian temukan menu account atau akun pilih tambahkan akun atau add account. Selanjutnya anda cari ikon google, dan muncul pilihan sign in create a new account atau yang berarti pendaftaran dengan akun baru.

Next step anda isikan nama depan dengan nama belakang anda. Kemudian klik tanda text dan anda akan mengisi tanggal lahir serta jenis kelamin setelah terisi klik next. Kemudian anda pilih nama sebagai username yang ingin anda gunakan pada aplikasi email. Setelah anda mengisi dan pastikan tidak muncul peringatan that username is taken try another maka anda lanjut klik next.

Baca Juga:  Aplikasi Nonton Anime Nekopoi.Care Terbaru 2022

Langkah selanjutnya anda akan memilih password dengan minimal 8 karakter, dengan bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka ataupun karakter lainnya. Lalu setelah itu klik next, langkah selanjutnya tidak wajib untuk anda isi jadi bisa anda skip. Kemudia setelah itu akan muncul kotak Privacy and terms dan anda klik I Agree. Lalu setelah anda terkonfirmasi username dan password klik next atau selanjutnya, kemudia akan muncuk pilihan pembayaran anda bisa melewatinya dengan memilih atau mengklik No Thank dan klik selanjutnya atau next.

Cara kerja aplikasi email

Pada konsep aplikasi email ini hanya mengirim surat saja dengan secara konvensional. Dan anda juga harus memiliki alamat yang ingin anda tuju, selain itu perangkat seperti laptop atau telepon dan juga tentunya jaringan internet harus anda miliki. Berikut kami sajikan cara kerja aplikasi email secara singkat.

Setelah anda mengetikkan email atau pesan ataupun surat yang ingin anda kirimkan. Dan anda harus sudah mencantumkan juga alamat email yang akan anda tuju kemudian server akan mengidentifikasi alamat emal yang akan anda tuju itu.

Kemudian alamat email yang akan anda kirim pesan sudah temukan. Dan perlu anda pastikan kebenaran atau kejelasan pada penulisannya. Karena jika terdapat kesalahan pada penulisan alamat email yang akan anda tuju maka akan ada kegagalan surat yang akan anda kirimkan akan tidak sampai pada harapan atau alamat email yang anda tuju.

Setelah semua terisi baik pesan atau surat anda, kemudian alamat email yang anda tuju sudah benar. Maka anda tinggal mengklik dikirim atau tanda seperti panah kecil. Selain bentuk tulisan anda juga dapat menyisipkan seperti file document, gambar, bahkan video.

Dan setelah pesan dari aplikasi email tersebut dikirim maka server dengan cepat akan mengngirimkan pesan tersebut kepada orang atau alamat email yang anda tuju. Dan pengguna alamat email akan menyadari bahwa ada pesan masuk dalam kotak masuk di aplikasi emailnya, dan akan melihat pesan yang anda kirimkan kepadanya.