Aplikasi

7 Aplikasi Investasi Terbaik Bagi Pemula dan Tercatat di OJK

Pada generasi milenial sudah menjadi hal yang wajar dalam kegiatan investasi saham. Dengan kemajuan teknologi sekarang maka memiliki dampak yaitu mempermudah untuk melakukan aktivitas seperti berinvestasi saham melalui aplikasi investasi. Tetapi untuk sekarang para generasi muda sudah tidak perlu takut untuk memulai dalam dunia investasi ini. Karena sudah banyak aplikasi yang berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jadi jika anda ingin melakukan investasi melalui aplikasi dapat melakukan pengecekkan aplikasi investasi yang sudah terdaftar di OJK. Selama mentransaksikan saham- saham atau dana anda dan aplikasi tersebut sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia maka tidak perlu khawatir.

Ada 7 aplikasi investasi terbaik yang kami rangkum dan sudah tercatat pada OJK.

Dan mungkin bisa menjadi pilihan untuk anda bagi yang ingin memulai investasi. Anda perlu mengetahui apa saja aplikasi investasi yang terbaik serta sudah terdaftar pada OJK. Berikut rekomendasi dari kami. 

1. Bibit

Bibit adalah aplikasi investasi saham dari PT Bibit Tumbuh Bersama. Pada aplikasi bibit ini anda bisa melakukan pembelian saham dalam bentuk reksadana. Terdapat beberapa pilihan bentuk dari reksadana seperti obligasi hingga pasar uang. Selain itu aplikasi bibit ini juga memberikan fitur Robo Advisor yang dapat membantu anda dalam berinvestasi sesuai dengan prodil risiko.

Keunggulan dari bibit ini yaitu registrasi dengan secara online. Juga gratis biaya komisi pembelian reksadana sampai investasi yang bisa dicairkan kapan saja tanpa adanya penalti. Bibit ini juga termasuk kedalam aplikasi investasi dan saham yang resmi serta diawasi oleh OJK.

2. Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi investasi saham terbaik yang sangat terrekomendasikan bagi pemula. Karena aplikasi investasi ini dapat diunduh melalui Play Store ataupun App Store. Keunggulan pada aplikasi ini adalah memiliki fitur komunikasi online yang dapat menjadi tempat diskusi dengan trader lain. Dengan begitu anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi saham dan analisis dari para trader profesional. Selain itu juga bisa memantau dari pergerakan bursa saham secara real time melalui aplikasi investasi saham ini. Dan yang terpenting aplikasi stockbit ini sudah terdaftar di OJK serta menyediakan fitur Touch ID untuk menjamin keamanan dari transaksi anda.

3. Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi investasi saham yang berada dalam naungan PT Takjub Teknologi Indonesia dan juga PT Ajaib Sekuritas Asia. Aplikasi investasi saham ini mempunyai banyak pilihan saham dan juga reksadana. Aplikasi ajaib juga telah mendapatkan izin serta diawasi secara resmi oleh OJK. Ajaib ini juga merupakan salah satu rekomendasi terbaik bagi pemula dalam melakukan investasi saham. Karena aplikasi investasi saham ini sangat ramah bagi pemula. Serta memiliki tampilan interface yang mudah anda pahami.

Baca Juga:  Aplikasi Download Video Tiktok Tanpa Watermark, Kualitas HD

Keunggulan atau kelebihan dari aplikasi investasi ajaib ini yaitu memiliki kemudahan dalam membuka rekening saham karena tidak perlu melakukan pembukaan deposit dana awal. Jadi fee dapat melakukan transaksi jual beli saham di aplikasi investasi Ajaib pada kategori murah. Mengapa demikian, karena untuk 0,10% transaksi harian di bawah Rp 150 juta rupiah maka semakin rendah jika anda melakukan transaksi harian semakin besar.

4. Mirae HOTS

Selanjutnya Mirae HOTS merupakan aplikasi investasi yang biasa disebut dengan Mirae Asset. Mirae ini didirikan oleh PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Dengan anda menyiapkan uang minimum senilai Rp 10 juta untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Pada Mirae terbagi menjadi dua, yakni HOTS atau Home Online Trading System yang dapat terakses melalui PC. Sedangkan satunya NEO HOTS atau Mobile Tranding System yang dapat diakses melalui smartphone atau HP.

Kelebihan dari Mirae HOTS ini yaitu menjadi salah satu aplikasi investasi yang memiliki nilai dan frekuensi transaksi cukup tinggi pada Bursa Efek Indonesia. Selain itu juga sebagai aplikasi investasi yang populer. Karena Mirae HOTS memberikan fee jual beli saham per transaksi yang bersaing. Dengan 0,25% untuk fee jual dan 0,15% untuk fee beli.

5. SimInvest

SimInvest merupakan aplikasi investasi saham online yan berasal dari Sinarmas Sekuritas. Aplikasi SimInvest ini telah terdaftar dan dalam pengawasan OJK. Sehingga legalitasnya sudah terjamin bagi para investor untuk mendapatkan haknya. SimInvest ini juga sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia pada bidang keuangan dan investasi.

Selain sudah terdaftar dan juga terawasi oleh OJK, SimInvest ini juga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan diantaranya yaitu SimInvest sudah mendapat ISO 27001 atau Information Security Management System (ISMS). Yang memiliki arti atau maksud standar internasional yang telah terakui secara global dalam perlindungan keamanan data serta informasi nasabah. Selain itu dalam pembukaan rekening dana saham pada SimInvest sangat cepat terhitung hanya dengan hitungan jam saja. Dan juga aplikasi investasi SimInvest ini juga dapat diunduh melalui Play Store dan App Store dengan mudah.

6. IPOT

IPOT adalah aplikasi investasi saham terbaik lainnya yang merupakan milik PT Indo Premier Sekuritas. Aplikasi IPOT ini juga tentunya sudah terdaftar di OJK. Fitur dari aplikasi IPOT ini juga sudah terlengkapi dengan Robot Tranding. Sehingga anda bisa menjalankan arahan pembelian ataupun penjualan dengan harga saham yang sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga:  Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Kelebihan dari aplikasi investasi saham IPOT ini adalah tidak memiliki minimal deposit. Jadi sangat terrekomendasikan bagi anda pemula yang ingin memulai investasi saham dengan modal kecil. Selain itu juga dalam proses pendaftaran dapat anda lakukan secara online. Dan untuk biaya yang terkenakan dalam melakukan transaksi yaitu fee jual saham 0,29% serta fee beli saham 0,19%.

7. BCAS Best Mobile

BCAS Best Mobile merupakan aplikasi investasi yang sangat cocok bagi anda yang senang bertransaksi pada Bursa Efek Indonesia. Aplikasi BCAS Best Mobile telah terkembangkan oleh BCA Sekuritas. Pada aplikasi BCAS ini menyediakan fitur Quick Order. Sehingga wajar bila aplikasi ini menyebut sebagai aplikasi investasi saham yang friendly. Jadi BCAS Mobile sangat cocok bagi anda yang pemula.

Kelebihan dari aplikasi investasi BCAS Mobile yaitu deposit awal yang harus anda miliki terbilang cukup tinggi dengan sebesar Rp 3 juta. Sedangkan untuk biaya fee per transaksi online trading sebesar 0,18% untuk fee beli dan fee jual 0,28%. Namun bila anda menggunakan jasa sales atau broker maka untuk fee per transaksi akan lebih tinggi. Dengan 0,25% untuk fee beli sedangkan 0,35% untuk fee jual.

Bila anda baru akan memulai dunia investasi ini mungkin sedikit kebingungan tentang apa itu saham. Serta bagaimana cara anda untuk melakukan investasi. Maka dari itu berikut kami jelaskan secara singkat mengenai saham dan juga cara berinvestasi.

Tahukah Anda Apakah Itu Saham ?

Saham adalah salah satu alat pasar keuangan yang sangat terkenal. Pengertian dari saham yaitu sebagai tanda penyertaan modal seseorang dalam suatu perusahaan ataupun perseroan terbatas. Dengan meyertakan modal maka pihak tersebut dapat memiliki klaim atas pendapatan perusahaan. Klaim atas aset perusahaan dan juga berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham atau dapat dibilang RUPS.
Sedangkan pada arti lain saham ini merupakan alat yang banyak terpilih bagi orang – orang atau para investor. Karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik hingga keuntungan yang besar.

Keuntungan dari saham

Pertama dividen, adalah pembagian keuntungan yang memberikan perusahaan. Dan asal dari keuntungan tersebut dari hasil perusahaan. Dividen yang telah memberikan kepada perusahaan dapat berupa deviden tunai. Yang berarti bahwa setiap pemegang saham memberi deviden berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu. Sedangkan untuk setiap saham dapat pula berupa deviden saham yang berarti kepada setiap pemegang saham menerima deviden sejumlah saham. Jadi jumlah saham yang anda miliki sebagai seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian deviden saham itu.
Kedua capital gain, adalah selisih antara harga jual dan harga beli. Terbentuknya capital gain dari adanya aktivitas perdagangan saham pada pasar sekunder. Dengan contoh semisal investor membeli saham ABC dengan harga senilai Rp 5000 dan kemudian anda menjualnya Rp 5500 per saham. Maka pemodal tersebut akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang anda jual.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Baju Kekinian untuk Perancang Busana Pemula

Bagaimana dengan Investasi Saham ?

Dengan anda sudah memegang saham baik secara individu ataupun badan dapat mengklaim kepemilikan pada suatu perusahaan. Sebagai pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan deviden yang sesuai dengan jumlah saham yang anda miliki. Perolehan deviden biasanya tergantung pada keuntungan perusahaan. Dan perusahaan telah mengatur sesuai dengan anggaran dasar perusahaan. Penerbitan saham menjadi salah satu cara perusahaan untuk bisa mendapatkan dana atau modal, agar dapat mengembangkan bisnis secara lama atau dalam jangka panjang.

Setelah anda mengetahui saham serta cara berinvestasi. Pentingnya bagi anda untuk juga mengetahui apakah aplikasi investasi yang anda gunakan sudah aman. Karena pada zaman serba modern ini sudah banyak beralih kepada aplikasi. Dan tidak memungkinkan juga banyaknya kasus investasi bodong. Sehingga apa yang harus anda lakukan dalam berinvestasi pada aplikasi investasi agar aman dan terjaga.

Pentingnya Anda Memilih Aplikasi Investasi Saham Yang Terbaik juga Terdaftar Pada OJK

Saham yang diperjualbelikan pada Bursa Efek dengan harga yang berubah- ubah dengan melihat kondisi dari perusahan. Jadi bagi anda menjadi mudah karena hanya perlu mengunduh aplikasi investasi saham untuk dapat melakukan registrasi. Serta memulai untuk melakukan investasi saham.

Maka dari itu anda pentingnya atau perlunya memilih aplikasi investasi saham terbaik. Serta sesuai dengan preferensi dan juga kebutuhan. Dengan cara anda harus memilih atau memiliki aplikasi investasi saham yang sudah terdaftar OJK. Dengan begitu anda dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman serta pergerakan aplikasi akan berada pada pengawasan OJK.

Namun setiap masing – masing aplikasi investasi saham memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda. Maka anda harus pintar dalam memilah- milah aplikasi saham yang cocok untuk anda. Selain cocok juga harus yang terbaik dan telah tersesuaikan dengan kebutuhan. Dalam memilih aplikasi anda perlu untuk mempertimbangkan, yakni mengenai fitur, keamanan, seta biaya transaksi.

Dan itulah rekomendasi dari kami mengenai aplikasi investasi saham yang terbaik dan terdaftar pada OJK. Sehingga dapat memudahkan anda dalam berinvestasi. Sekarang anda tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi saham dan semoga informasi tersebut bermanfaat.