Home » Karir
Karir

Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate

Tips Interview Kerja – Mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan merupakan impian dari banyak orang. Bagi para Fresh Graduate motivasi untuk langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus sangat tinggi. Sebagian orang akan langsung membuat lamaran pekerjaan dan mengirimnya ke perusahaan-perusahaan, namun  sebagian lain ada yang masih menempa skill mereka pada berbagai lembaga profesi.

Ada banyak hal berbeda yang mempengaruhi apakah anda mendapatkan pekerjaan atau tidak, termasuk keterampilan anda, pengalaman Anda, dan kualifikasi lainnya. Tetapi setelah anda melanjutkan proses lamaran, cepat atau lambat Anda akan sampai pada tahap interview kerja. Sangat menyenangkan ketika anda berhasil sampai sejauh ini, tetapi ini juga merupakan waktu yang menentukan, jadi anda harus sepenuhnya siap. Meskipun ada kiat-kiat khusus untuk interview secara virtual, namun memasuki masa normal setelah pandemi covid-19 semakin banyak interview kerja yang dilakukan secara langsung lagi karena sekarang karyawan bisa kembali masuk kantor.

Tahap selanjutnya ketika lamaran sudah anda kirim biasanya adalah mendapat panggilan untuk melakukan interview. Bagi anda yang akan melakukan intervew kerja buatlah persiapan sebaik mungkin, pelajari seluk beluk perusahaan dan bidang kerja yang anda lamar. Selain itu, untuk menunjang skill  interview,  dalam artikel ini anda bisa melihat 7 (tujuh) tips interview kerja untuk membantu anda diterima kerja pada perusahaan impian anda.

7 Tips Interview  Kerja Terbaik untuk Membantu Anda Mendapatkan Pekerjakan

Berikut ini merupakan tips interview kerja yang dapat anda pelajari sebelum melakukan wawancara kerja:

Baca Juga:  Perkenalan Diri Saat Interview Kerja Fresh Graduate

1. Riset

Pertama, lakukankan riset untuk mempersiapkan diri. Pada tips interview kerja nomor satu ini anda harus melakukan riset tentang perusahaan dan bidang kerja secara spesifik. Hal ini akan memungkinkan anda untuk menjawab dan mengajukan pertanyaan yang relevan tentang posisi dan perusahaan. Selain itu juga untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa anda serius tentang peluang tersebut.

2. Berlatih

Kedua, Berlatih.  Tips penting untuk membantu anda mempersiapkan diri menghadapi interview kerja adalah dengan berlatih terlebih dahulu. Duduklah bersama teman atau anggota keluarga dan minta mereka mengajukan pertanyaan wawancara yang umum sehingga anda dapat melatih jawaban anda dan memastikan anda mencakup semua informasi yang anda perlukan. Selain itu, tips interview kerja lain pada tahap ini yakni anda juga bisa melatih postur tubuh dan bahasa tubuh anda saat berlatih untuk memastikan anda terlihat profesional selama wawancara.

3. Datang Lebih Awal

Ketiga, datanglah lebih awal. Pada tips interview kerja ini anda kami sarankan untuk datang ke interview 15 menit lebih awal. Dengan begitu, interview akan dimulai tepat waktu, dan ini juga akan membuktikan bahwa anda dapat diandalkan, siap, dan akan berada pada tempat yang seharusnya ketika anda harus berada pada posisi itu.

4. Tetap Tenang

Keempat, tetap tenang. Tips ini memang lebih mudah kita ucapkan daripada kita lakukan, tetapi cobalah untuk tetap tenang selama proses interview kerja. Hal ini akan membuat anda tidak terlihat gugup dan memungkinkan pewawancara untuk melihat anda secara profesional. Sebagian dari kemampuan untuk tetap tenang berasal dari tips lain yakni, seperti mempersiapkan diri sebelumnya. anda juga bisa menggunakan teknik pernapasan dan tips lainnya untuk menenangkan saraf anda sebelum interview.

5. Bangun Hubungan

Kelima, bangun hubungan. Membangun hubungan juga merupakan salah satu tips untuk kesuksesan interview  kerja. cobalah untuk membangun hubungan dengan pewawancara dan terhubung dengan mereka secara pribadi. Tanyakan tentang diri mereka, hari-hari mereka, atau apa pun yang mereka sebutkan. Jika anda memiliki minat tertentu atau memiliki pengalaman yang sama, hal ini dapat membantu memperluas hubungan yang lebih dari sekadar pewawancara dan calon karyawan, dan membuat anda berdua merasa lebih nyaman.

Baca Juga:  Perkenalan Diri Saat Interview Kerja Fresh Graduate

6. Jujur

Keenam, jujurlah, tetapi tetap positif. Pada tips interview kerja ini menuntut anda harus jujur dan tulus selama proses interview. Meskipun anda mencoba untuk membuat pewawancara terkesan, anda tidak boleh berbohong atau mencoba menjadi apa yang mereka cari jika itu bukan diri anda yang sebenarnya, ini merupakan salah satu ini inti penting dari tips interview kerja yang bisa kami beritahukan kepada anda. Hal ini juga berlaku untuk berbicara tentang pengalaman masa lalu anda, dan anda harus jujur tentang masa-masa sulit atau kekurangan dengan cara yang positif, terutama jika anda mempunyai pengalaman kerja pada perusahaan lain sebelumnya hindari menyeret-nyeret atau melibatkan perusahaan anda sebelumnya atau rekan kerja tertentu selama proses interview kerja.

7. Follow Up

Ketujuh, tindak lanjut. Tips interview kerja yang terakhir yakni bagian penting dari setiap wawancara adalah menindaklanjuti dengan pewawancara. Biasanya disarankan untuk menindaklanjuti dalam waktu 24 jam setelah wawancara. Pastikan untuk berterima kasih kepada pewawancara atas waktu mereka, ungkapkan minat anda pada posisi itu lagi, dan tawarkan informasi tambahan apa pun yang mungkin mereka butuhkan untuk membantu membuat keputusan.

Dalam setiap interview kerja, anda akan bertemu dengan orang-orang baru, mempromosikan diri dan keterampilan anda, dan sering kali mendapatkan pengetahuan tentang apa yang anda ketahui atau tidak ketahui dan anda harus tetap optimis dan antusias melalui semua itu. Karena sikap optimis juga merupakan bagian dari tips interview kerja. Hal ini bisa menjadi tantangan, terutama ketika anda diwawancarai untuk pekerjaan yang anda inginkan sekali. Bahkan ketika anda telah melakukan lebih banyak wawancara daripada yang bisa Anda hitung, wawancara kerja tetap sulit. Hal itu mengapa kami sajikan 7 tips tersebut.

Baca Juga:  Perkenalan Diri Saat Interview Kerja Fresh Graduate

Meskipun demikian, ada beberapa tips interview kerja atau cara-cara untuk membuat wawancara terasa tidak terlalu menegangkan. Sedikit waktu persiapan saja bisa sangat membantu. Semakin banyak waktu yang anda luangkan sebelumnya untuk bersiap-siap, semakin nyaman perasaan anda selama wawancara yang sebenarnya nanti. Ingatlah ini, bahwa interview bukanlah ujian: Anda tidak perlu belajar selama berjam-jam. Sebaliknya, prioritaskan untuk meneliti atau mencari tahu tentang perusahaan yang anda lamar. Dengan begitu, anda akan memahami dengan tepat apa yang mereka cari dari karyawan baru, dan siap untuk mendiskusikan pengalaman anda dan apa yang membuat anda cocok untuk pekerjaan itu.

Pada dasarnya keberhasilan seseorang dalam menjalani proses interview pekerjaan berasal dari diri masing-masing. Tujuan kami memberikan beberapa tips interview kerja adalah untuk memudahkan pencari kerja dalam memahami situasi yang mungkin terjadi. Tips-tips tersebut diharapkan dapat membuat diri para pencari kerja yang mungkin mengalami kebingungan dan juga menjadi persiapan mereka sebelum menjalani proses tersebut.